Pengertian World Music

pegertian world music
sumber
0 Komentar

Pasundan Ekspres – Pengertian world music ialah penyebutan bagi musik yang mempunyai aliran/warna musik tradisional yang kental pada komposisi musiknya.

Terkadang istilah ini sering menyebutnya sebagai genre namun world music sebenarnya tak memiliki karakteristik pasti seperti pada genre lain misal, genre rock, ska atau jazz.

Penggunaan istilah ini di daerah barat sana, menggunakan media dan industri musik untuk mengklasifikasikan musik apapun selain musik Barat.

Baca Juga:Revitalisasi Buat Situ Gede Jadi Destinasi Wisata MenarikGubernur Ridwan Kamil Resmikan Situ Gede Bogor

Istilah world music mungkin jarang terdengar dan jarang orang awam yang mengetahuinya

Munculnya nama ini sekitar tahun 1980-an, yang berawal dari rasa keprihatinan para pecinta musik etnis yang merasa bahwa musiknya tersebut tak mendapat publikasi yang memadai.

Lalu makna yang sebenarnya dari istilah world music ini berawal dari sebuah pertemuan di tahun 1987 yang kemudian menghasilkan kesepakatan untuk menggunakan istilah world music untuk menyebut musik-musik etnis yang ada di seluruh dunia.

Perkembangan World Music

Dalam perkembangannya, world music tak lain sepenuhnya musik daerah atau musik etnis.

Perkembangan teknologi yang memungkinkan musisi dari berbagai tempat untuk mendengarkan musik dari daerah lain yang berjauhan membuat batasan daerah musik jadi makin tak jelas.

Akhirnya, perpaduan antara musik popular dengan musik tradisional pun kadang masih bisa masuk dalam kategori world music.

Kejadian yang kadang terjadi adalah penggabungan antara scale musik modern dengan scale musik tradisional dan membawakannya dengan menggunakan instrumen musik modern.

Baca Juga:Wagub Uu Ruzhanul: Tumbuhkan Nasionalisme pada SiswaJabar Terbaik Turunkan Kemiskinan: Dinas Sosial Kawal Program APBD, APBN, Mitra

Terkadang dengan memasukan beberapa instrumen tradisional untuk memperkuat kesan atau ciri dari kedaerahan ini.

Salah satu negara yang sering menyebutnya sebagai ibu kota world music barangkali adalah Perancis.

Selama bertahun-tahun negeri ini memang sering jadi tujuan para musisi dari beberapa bekas koloni Perancis di Afrika dan pada saat yang sama.

Industri musik dan pemerintah pun sepertinya memberikan tempat dan dukungan untuk perkembangan world music di sana.

Industri world music sendiri memang belum sebesar industri musik yang lain.

Belum banyak label yang berani bermain di ladang ini, dua nama label yang melekat kuat dengan istilah world music adalah Putumayo World Music dan Rough Guide yang bekerja sama dengan World Music Network.

0 Komentar