Pentingnya Pendidikan Soft Skill Bagi Guru

Pentingnya Pendidikan Soft Skill Bagi Guru
0 Komentar

Soft Skill guru yang satu ini harus selalu diasah, sehingga guru mampu melatih siswa untuk memiliki kemampuan yang dianggap sebagai kemampuan atau keterampilan abad 21 ini. Karena tidak akan mungkin, guru dapat mengajarkan siswa keterampilan ini jika guru tersebut tidak memiliki kemampuan dalam berfikir kritis.

  1. 5. Managing skill

Kemampuan ini dapat membantu Guru dalam merencanakan, membagi, dan mengeksekusi setiap tugas yang harus dilakukan, khususnya yang berkaitan dengan pembelajaran. Managing Skill akan mempermudah guru dalam menempatkan suatu hal berdasarkan skala prioritas. Dengan demikian semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik, dan rapi karena sudah dibuat dengan perencanaan yang matang.

  1. Networking

Seorang guru harus memiliki jaringan yang luas sehingga dapat memudahkan Guru saat menghadapi kesulitan. kemampuan untuk memperluas koneksi dan relasi juga berguna untuk selalu mendapatkan informasi dan peluang-peluang bagi pengembangan karir baik untuk siswa dan alumni.

Baca Juga:SKB Pemekaran Sudah Lengkap, 14 Februari DPRD Rapat BamusKetua FP2S: Putra Daerah Asli Pantura Minim Jadi Pejabat

  1. Leadership

Leadership skill atau kepemimpinan juga sangat penting bagi seorang guru. Kepemimpinan merupakan suatu kemampuan dan kesiapan yang harus dimiliki oleh seorang guru untuk dapat mempengaruhi, membimbing dan mengarahkan atau mengelola siswanya agar mereka mau membuat sesuatu demi tercapainya tujuan pembelajaran.

  1. Positive Thinking and Self Confidence

Sikap positif dan percaya diri tidak bisa dianggap remeh. Percaya diri dan tidak mudah menyerah adalah suatu sikap yang harus dimiliki oleh orang yang berpikiran positif. Dengan berpikiran positif, Guru akan lebih mudah untuk beradaptasi, bekerja sama, mampu mengerjakan tugas dan menaklukkan tantangan dengan baik.

Manfaat Soft Skill bagi Guru.

( 1) Kemampuan mengelola diri dan berinteraksi dengan baik

(2) Mampu menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan secara tepat,

(3) Mampu melakukan hubungan interpersonal dengan baik,

( 4) Mampu berkomunikasi secara efektif

(5) Berfikir kritis

(6) Dapat memberikan taulandan

Soft skill yang harus dimiliki guru diatas sangat menunjang keberhasilan pembelajaran di kelas dan juga hubungan sosial guru dengan siswa, rekan kerja, orang tua, dan juga masyarakat. Sehingga guru dapat mengajarkan kepada siswanya akan pentingnya kemampuan soft skill bagi kehidupan mereka nanti saat berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain.

Laman:

1 2 3
0 Komentar