Pemda Sudah Siapkan Anggaran Rp2.94 Miliar

Anggaran Rp2.94 Miliar
0 Komentar

Untuk Keperluan Berbagai Belanja

SUBANG-Awal tahun 2023 Pemerintah Daerah Kabupaten Subang sudah menyiapkan dana anggaran sekitar Rp2.94 miliar. Anggaran tersebut dipergunakan untuk keperluan berbagai belanja yang telah tercantum di APBD Kabupaten Subang tahun 2023.

“Sudah siap anggaran Rp2.94 miliaran ya untuk anggaran murni 2023,” kata Sekretaris Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Subang Muhamad Chairil Syahdu kepada Pasundan Ekspres.
Dana tersebut, kata Chairil, nantinya diprioritaskan untuk belanja pegawai, belanja operasi, transfer dan bantuan tidak terduga. Selain itu, anggaran murni tersebut pun dipergunakan untuk hibah, bansos hingga bantuan keuangan ke pemerintah desa.

Dia mengatakan, anggaran murni 2023 bisa terealisasi setelah APBD ditetapkan dan DPA ditandangani. Kemudian, juga diikuti turunnya surat penyediaan dana.

Baca Juga:Aplikasi Pinjaman Online Terbaik Dapat 1 Juta Dengan Mudah Tanpa Syarat dan AmanAnoboy Download Batch Anime Garatis 1080P Terbaru 2023

Sementara itu, fungsional bidang UMKM DKUPP Kabupaten Subang Hari Sobari menyebut, ada bebrapa pelaku UMKM di Kabupaten Subang yang akan mendapat bantuan hibah dari pemerintah daerah. Bantuan tersebut untuk menunjang pelaku usaha di Subang.

“Ada beberapa ya, ini dilakukan agar pelaku UMKM Mejadi maju dan terus berkembang,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, APBD tahun 2023 harus segera diserap oleh 60 SKPD di Kabupaten Subang. Anggaran yang diusulkan SKPD tersebut sudah bisa diserap, dengan total anggaran sebesar Rp2.978.606.178.304.

Kepala Bidang Perbendaharaan BKAD Kabupaten Subang Casari menyampaikan, SKPD sudah bisa menyerap anggaran dengan menyertakan syarat administratif permohonan mulai tanggal 2 Januari 2023.

Sekretaris BKAD Kabupaten Subang M Chairil Syahdu mengatakan, BKAD mendorong kepada 60 SKPD di Kabupaten Subang agar sesegera mungkin mengeksekusi anggaran yang sudah tersedia di kas daerah. Jangan sampai anggaran yang sudah tersedia menjadi silpa (sisa lebih perhitungan anggaran).

Chairil menyampaikan, awal tahun 2023 ini Pemda Subang melakukan rasionalisasi anggaran Rp200 miliar dari total anggaran Rp2.978.606.178.304. Rasionalisasi itu dilakukan agar anggaran digunakan untuk kegiatan prioritas.(ygo/ysp)

0 Komentar