Menimbang Penggunaan ChatGPT dalam Pembelajaran

Menimbang Penggunaan ChatGPT dalam Pembelajaran
0 Komentar

Ketiga, tetap melatih kemampuan berpikir kritis. Pemanfaaan aplikasi ini dikhawatirkan akan menimbulkan ketergantungan peserta didik pada aplikasi. Oleh karena itu, guru perlu memastikan bahwa kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan tetap mengajarkan peserta didik untuk berpikir secara kritis dan mandiri.

Sebagai upaya untuk meminimalisasi ancaman ChatGPT dalam pembelajaran maka dalam pemanfaatan aplikasi ini sebaiknya diarahkan pada pemanfaatan kemampuannya untuk membantu guru dalam menunjang kegiatan pembelajaran dan sebagai wahana untuk merangsang peserta didik dalam berpikir kritis. Sehingga, peran guru tetap dibutuhkan dan keberadaannya tetap dibutuhkan dalam proses pembelajaran.

Kemajuan teknologi adalah sebuah keniscayaan, maka diperlukan kemampuan guru untuk dapat menggunkan teknologi secara bijak dan terus mengikuti perkembangannya. Tidak bisa dibayangkan kedepan guru akan terlindas oleh zaman ketika tidak mampu mengikuti perkembangan teknologi yang kian pesat. Yang jadi pertanyaan sekarang para guru mau atau tidak?

Laman:

1 2
0 Komentar