Kapan Kita Puasa 2023, Berikut Jadwal Sidang Isbat Lengkap dengan 123 Lokasi Rukyatul Hilal Kemenag

kapan puasa 2023
ILUSTRASI Memantau hilal
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Kapan kita puasa 2023, untuk menentukan hari pertama puasa Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat awal Ramadan 1444 H/2023 M pada Rabu, 22 Maret 2023.

Rukyatul hilal akan dilaksanakan di 123 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Agar kita pasti bisa segera menentukan kapan kita puasa 2023.

Ide Jualan Bulan Puasa Ini Tidak Perlu Modal Besar Namun Menjanjikan Keuntungan Besar, Yuk Intip Apa Saja

Baca Juga:Download Higgs Domino Rp V1.97 X8 Speeder Mod Apk Tema Cewek CantikPrediksi Persib Bandung vs Persik Kediri Lengkap Sampai Perkiraan Susunan Pemain

“Rangkaian Sidang Isbat Awal Ramadan tahun ini masih digelar secara hybrid, atau gabungan antara daring dan luring,” tambah Adib seperti dikutip dari laman resmi Kemenag.

Selain melibatkan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, pelaksanaan rangkaian sidang isbat juga mengundang Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, dan lainnya.

Adib menjelaskan, rangkaian pelaksanaan sidang isbat akan dibagi dalam tiga tahap. Pertama, seminar pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1444 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi. Pemaparan dilakukan Tim Hisab Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB dan terbuka untuk umum.

“Sesi seminar yang terbuka untuk umum inilah yang digelar secara hybrid karena kapasitas ruangan yang terbatas,” jelasnya.

Rangkaian kedua, Adib melanjutkan, yaitu pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1444 H. “Sesi ini akan dilaksanakan secara luring setelah Salat Magrib dan tertutup untuk umum,” ujarnya.

Selain data hisab, sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal yang akan dilaksanakan pada 123 lokasi di seluruh Indonesia.

“Sesi terakhir adalah telekonferensi pers hasil sidang isbat yang akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media lainnya,” pungkas Adib.

Adapun 123 titik rukyatul hilal sebagai berikut:

Baca Juga:Kode Penukaran Higgs Domino Topbos Terbaru Maret 2023, Dapatkan Chip Ungu Gratis 100BPrediksi Mudik Lebaran 2023 Mendatang, Menhub: 123,8 Juta Orang Diperkirakaan akan Melakukan Perjalanan Mudik

Provinsi Aceh:
1. Observatorium Tgk Chik Kuta Karang Lhoknga
2. Tugu 0 Km Kota Sabang
3. Bukit Blang Tiron Lhokseumawe

0 Komentar