Keutamaan dan Keistimewaan Surah Al-Baqarah Dari Asbanbun Nuzul

Q.S Al- Baqarah
Q.S Al- Baqarah
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRESSurat Al-Baqarah merupakan surat kedua dalam Al-Quran dan salah satu surat yang sangat penting bagi umat Muslim.

Surat ini terdiri dari 286 ayat dan dianggap sebagai surat terpanjang dalam Al-Quran.

Ada beberapa keutamaan membaca Surat Al-Baqarah yang wajib diketahui oleh umat Muslim.

Dalam artikel ini, kami akan membahas keutamaan-keutamaan tersebut secara detail.

Baca Juga:Cara Cepat Pinjaman Online Langsung Cair 650 Ribu Terbaru, Pasti Cair Maret 2023!4 HP VIVO Terbaru & Terbaik yang Harus Kamu Punya

1. Perlindungan dari Godaan Setan

Surat Al-Baqarah mengandung ayat-ayat yang sangat bermanfaat bagi umat Muslim dalam melindungi diri dari godaan setan.

Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Baqarah ayat 255:

“Allah, tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Ayat tersebut menunjukkan kekuasaan Allah SWT atas segala sesuatu dan memberikan pemahaman yang kuat tentang keagungan-Nya.

Dengan membaca Surat Al-Baqarah, umat Muslim diberi kekuatan dan perlindungan dari setan.

2. Berkat dan Rezeki yang Berlimpah

Surat Al-Baqarah juga memiliki ayat-ayat yang memberikan berkat dan rezeki yang berlimpah bagi umat Muslim.

Allah SWT berfirman dalam Q.S Baqarah 261:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Hal ini menunjukkan bahwa Surat Al-Baqarah tidak hanya memberikan manfaat spiritual, tetapi juga manfaat material bagi umat Muslim.

0 Komentar