Siapa Saja yang Memanfaatkan Air Sungai? Cek Infonya di Sini!

Siapa Saja yang Memanfaatkan Air Sungai? Cek Infonya di Sini!
Siapa Saja yang Memanfaatkan Air Sungai? Cek Infonya di Sini!
0 Komentar

Pasundan Ekspres Siapa saja yang memanfaatkan air sungai? tentu ada banyak sekali, mengingat air merupakan sumber kehidupan.

Sungai adalah salah satu kenampakan alam berupa perairan yang mempunyai banyak kegunaan bagi kehidupan sehari-hari.

Siapa saja yang dapat memanfaatkan air sungai? Jawabannya tentu saja manusia, hewan, dan tumbuhan yang hidup di sekitar sungai itu sendiri.

Baca Juga:Indonesia Perang dengan Australia Siapa yang Menang? Cek di Sini!Metode Khatam Al-Quran dengan Cepat Selama Bulan Ramadhan, Simak di Sini!

Pemanfaatan sungai di Indonesia pada dasarnya sesuai dengan keadaan geografis daerahnya. 

Sungai mempunyai beberapa kegunaan, seperti sumberpencaharian, sarana transportasi, sumber pembangkit listrik, menampung dan mengalirkan air hujan, tempat hiburan, sumber mata air kehidupan, menaikan kesejahteraan mental, dan sumber irigasi.

Siapa saja yang memanfaatkan air sungai? Jawabannya adalah setiap makhluk hidup yang di sekelilingnya.

Mengutip dari buku Elektroda Tembaga pada Proses Elektrokoagulasi dalam Penjernihan Air Sungai yang ditulis oleh Susilawati, dkk (2021: 4), tidak hanya manusia yang membutuhkan air sungai. Hewan, tumbuhan, dan makhluk hidup lainnya juga membutuhkan air untuk mendukung kelangsungan hidupnya.

Kehidupan masyarakat pasti sangat dekat pada ketersediaan air sungai. Contohnya, kehidupan di Mesir yang sangat bergantung pada air sungai Nil karena intensitas hujan di negara tersebut sangat kecil.

Air sungai tersebut banyak mereka pakai untuk memasak, mencuci, minum, dan mengairi lahan pertanian. Berikut adalah penjelasan manfaat sungai bagi kehidupan:

  • Alat transportasi dengan menggunakan aliran air sungai, seperti perahu dan rakit.

  • Irigasi/mengairi sawah dan lahan pertanian.

  • Penggerak pembangkit listrik (PLTA).

  • Perikanan sebagai sumber konsumsi bagi manusia.

Ada banyak manfaat air bagi kehidupan makhluk hidup, misalnya sebagai sarana transportasi, pengairan persawahan, dan bahkan sebagai pemutar turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
Bukan hanya itu, manfaat air juga dapat digunakan sebagai pembawa zat makanan, zat pelarut, pembersih, dan sebagainya bagi tumbuhan.

Adanya air sungai berasal dari air hujan dan air yang mengalir dari hulu sungai. Ketersediaan tersebut yang mengakibatkan jalannya siklus hidrologi.

Itulah beberapa manfaat air sungai bagi kehidupan manusia. Semoga bermanfaat.

0 Komentar