Sub-PIN Polio Sasar 78.077 Anak

Sub-PIN Polio
0 Komentar

PURWAKARTA-Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat Atalia Praratya menyasar 3,9 juta anak di Jawa Barat untuk diimunisasi tetes manis pada pencanangan Sub-Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Posyandu Mawar 11, Perumahan Oesman Singawinata, Kelurahan Nagri Kaler, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, Senin (3/4).

Untuk menyukseskan Sub-PIN Polio tersebut, pihaknya telah menyiapkan 52.000 posyandu, 1.100 puskesmas, dan 311.000 kader. Sehingga, masyarakat dengan mudah mengakses layanan Sub-PIN Polio.

“Purwakarta sebagai Kabupaten yang terdapat satu kasus polio dan surveilance AFP, diharapkan menjadi yang terdepan dan tercepat melaksanakan Sub-PIN Polio,” kata Bu Cinta, panggilan akrab Atalia Praratya kepada wartawan.

Baca Juga:Hengki: Stok Kepokmas masih Aman Jelang Idul FitriDesak Perbaikan Jalan Kawao-Cengkong

Dijelaskannya, polio ini hanya bisa dihindari melalui imunisasi. Dan untuk mencegahnya, kata Bu Cinta, masyarakat harus menerapkan PHBS atau perilaku hidup bersih dan sehat. “Di antaranya, mencuci tangan dengan sabun dan buang air di toilet, dan lainnya,” ujar Bu Cinta.

Senada disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. Disebutkan Ambu Anne, panggilan akrab bupati, imunisasi merupakan upaya untuk mencegah penularan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) seperti polio, difteri, hepatitis, pertusis, tetanus, campak rubella.

Imunisasi juga, sambungnya, dapat mencegah anak stunting, dan dengan imunisasi, masyarakat Indonesia akan hidup sehat. “Data capaian imunisasi dasar lengkap Kabupaten Purwakarta pada 2022 sudah mencapai target yaitu sebesar 100,15 persen,” kata Ambu Anne.

Berdasarkan laporan 14 Maret 2023, lanjutnya, ditemukan kasus lumpuh layuh akut dengan hasil laboratorium terdeteksi Polio VDVP Tipe 2 di Desa Tegal Datar, Kecamatan Maniis Kabupaten Purwakarta.

“Maka dari itu, perlu dilakukan kegiatan Sub-PIN Polio dengan metode tetes kepada sasaran anak usia 0-59 bulan. Adapun, pelaksanaan Sub-PIN Polio dilaksanakan dalam dua putaran,” ujarnya.

Ambu Anne pun menyebutkan, target atau sasaran Sub-PIN Polio di Kabupaten Purwakarta sebanyak 78.077 balita yang dimulai pada 3 April 2023 untuk putaran pertama. Sementara putaran kedua pada Mei 2023.

“Kami mengimbau agar seluruh elemen menyukseskan pelaksanaan Sub-PIN Polio di Kabupaten Purwakarta. Diharapkan adanya kerja sama yang menyeluruh dengan berbagai lintas sektor untuk memotivasi masyarakat ikut Sub-PIN Polio,” ucap Ambu Anne.

0 Komentar