Cara Membedakan QRIS Asli dan Palsu, Ketahui Ciri-cirinya Agar Kamu Tidak Kena Tipu

Cara Membedakan QRIS Asli dan Palsu
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – QRIS atau Quick Response Indonesia Standard adalah sistem pembayaran elektronik yang semakin populer di Indonesia.

Namun, semakin banyaknya kasus penipuan dengan menggunakan QRIS palsu membuat pengguna khawatir.

Bagaimana cara membedakan QRIS asli dan palsu? Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa membantu Anda membedakannya.

Baca Juga:Menyelidiki Penempelan Stiker QRIS Palsu di Kotak Amal Masjid di Jakarta SelatanCara Mudah Membuat Tulisan Berwarna di WhatsApp

Pengertian QRIS

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara membedakan QRIS asli dan palsu, mari kita bahas dulu apa itu QRIS.

QRIS adalah sebuah standar untuk sistem pembayaran elektronik yang dibuat oleh Bank Indonesia.

QRIS memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi pembayaran menggunakan kode QR tanpa harus menggunakan kartu atau uang tunai.

Ciri-ciri QRIS Asli

Berikut adalah beberapa ciri-ciri QRIS asli yang harus Anda perhatikan:

1. Terdaftar di Bank Indonesia

QRIS asli selalu terdaftar di Bank Indonesia. Pastikan kode QR yang digunakan memiliki logo Bank Indonesia dan nomor izin yang tertera.

2. Menggunakan Logo Resmi

QRIS asli selalu menggunakan logo resmi dari penyedia jasa pembayaran yang terdaftar di Bank Indonesia. Pastikan logo yang digunakan sesuai dengan logo resmi dari penyedia jasa pembayaran tersebut.

3. Tidak Meminta Data Pribadi

QRIS asli tidak akan meminta data pribadi seperti nomor kartu kredit atau nomor identitas pribadi. Jika QRIS meminta data pribadi, bisa dipastikan bahwa QRIS tersebut palsu.

Baca Juga:Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang di Subang, Cek di SiniPerbaikan Pipa Transmisi 300mm, Air Perumda Tirta Rangga Subang Kembali Berhenti Mengalir

4. Tidak Meminta Uang Muka

QRIS asli tidak akan meminta uang muka atau biaya administrasi untuk melakukan transaksi. Jika QRIS meminta uang muka, bisa dipastikan bahwa QRIS tersebut palsu.

5. Tidak Meminta Password

QRIS asli tidak akan meminta password atau PIN untuk melakukan transaksi. Jika QRIS meminta password atau PIN, bisa dipastikan bahwa QRIS tersebut palsu.

Cara Membedakan QRIS Palsu

Berikut adalah beberapa cara membedakan QRIS palsu:

1. Periksa Logo dan Nomor Izin

Pastikan QRIS menggunakan logo resmi dari penyedia jasa pembayaran yang terdaftar di Bank Indonesia. Periksa juga nomor izin yang tertera pada kode QR.

2. Periksa Nama dan Nomor Telepon

Pastikan nama dan nomor telepon dari penerima pembayaran sesuai dengan yang tertera pada struk atau invoice.

0 Komentar