Gelar Sidak di Pasar Tradisional dan Toko Moderen Jelang Lebaran, Tim: Harga Masih Normal

Gelar Sidak di Pasar Tradisional dan Toko Moderen Jelang Lebaran, Tim: Harga Masih Normal
0 Komentar

SUBANG – Sesuai dengan Press Rilis Ketua Badan Perlidungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN-RI) terkait pelakasanaan kegiatan Monitoring Kebutuhan Pokok Konsumen selama Bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, telah bekerjasama melakukan kegiatan Monitoring Harga dan Ketersediaan Bahan Pokok di Supermarket dan Pasar Tradisional dengan Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Subang.

Berdasarkan pantauan harga dan ketersediaan bahan pokok di Pasar Induk Baru Subang dan Yogya Grand Subang untuk beberapa komoditi relative stabil dan tersedia selama Bulan Ramadhan sampai Idul Fitri.

Untuk komoditas Beras di harga Premium Rp. 12.000/kg dan Medium Rp. 10.000/kg dan pasokan cukup / tersedia, namun untuk beras BULOG Program Pemerintah Beras SPHP(Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) mengalami kelangkaan di beberapa kios beras, hal ini menjadi keluhan pedagang, dan hal ini dimungkinkan karena Bulog memasarkan juga di Retail/Supermarket dan langsung ke Rumah Pangan Kita (RPK).

Baca Juga:Renyah dan Enak! Resep Kue Semprit Mudah Banget Anti Gagal!Kata Mutiara Ramadhan Meningkatkan Motivasi dan Menyejukan Hati!

Dari hasil pantauan harga rutin setiap hari, Komoditas Cabai Keriting dan Bawang Putih tidak ada perubahan harga, untuk cabai keriting dari Rp. 40.000/kg sebelumnya dan hari ini Rp. 40.000/kg harga tetap tidak ada perubahan, untuk Bawang Putih dari Rp. 36.000/kg dan per hari ini Rp. 36.000/kg.

Pada komoditi Daging Sapi per hari ini masih stabil di harga Rp. 140.000 adapun kenaikan terjadi d awal Ramadhan seharga Rp. 150.000 dan terjadi kenaikan lagi menjelang Idul Fitri 1444 H, untuk daging beku kurang diminati konsumen.

Untuk Harga Telur relatif stabil di harga Rp. 27.000/kg s/d 29.000/kg serta pasokan yang cukup dari Blitar dan peternak lokal Kabupaten Subang, sampai hari Lebaran.

Harga Minyak goreng curah cukup stabil di harga Rp. 14.500/kg dan Harga Minyak Kita mengalami kenaikan Rp. 1000/liter dari Harga Eceran Tertinggi(HET) Rp. 14.000/liter menjadi Rp. 15.000/liter.

Bahan Pokok di Yogya Grand Subang berdasarkan pantauan Tim cukup aman dan kondusif dari sisi harga dan ketersediaan melimpah.

Dari 2 (dua) titik pantau monitoring harga dan ketersediaan bahan pokok dapat disimpulkan bahan pokok selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1444 di Kabupaten Subang cukup stabil dan pasokan aman terkendali.

0 Komentar