Rusia Memperingati Hari Ini Sebagai Hari Kemenangan Atas Nazi: Putin Ingatkan Pengkhianatan Zelensky Pada Para Pendahulu

Rusia Hari ini
Rusia Memperingati Hari Ini Sebagai Hari Kemenangan Atas Nazi: Putin Ingatkan Pengkhianatan Zelensky Pada Para Pendahulu
0 Komentar

 

Perbatasan Kedaulatan

 

Putin akan menyampaikan pidato di Lapangan Merah, di mana ia akan bergabung dengan para pemimpin beberapa bekas republik Soviet.

Dalam pidatonya tahun lalu dia tidak menyebutkan Ukraina tetapi mengecam aliansi militer NATO karena memperluas ke perbatasan Rusia dan memuji kepahlawanan Soviet dalam melawan Hitler.

Sejak itu, Finlandia – yang berbatasan dengan Rusia – juga bergabung dengan NATO.

Baca Juga:Gubernur Lampung: Proses Klarifikasi LHKPN Reihana Diserahkan ke KPKAlasan KPK Panggil Kadinkes Lampung Reihana Wijayanto

“Semoga tidak ada lagi yang melanggar perbatasan suci Tanah Air kita,” kata Patriark Kirill, kepala Gereja Ortodoks Rusia dan sekutu dekat Putin, saat dia meletakkan bunga pada Senin (8/5) di Makam para prajurit pusat Moskow.

“Tapi agar ini terjadi, negara kita harus kuat karena negara yang ditakuti tidak diserang.”

Pada hari Senin (8/5) juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mendapatkan pertanyaan mengenai pembatalan beberapa acara Hari Kemenangan, Ia menyalahkan Ukraina: “Ketika kita harus berurusan dengan negara yang secara de facto adalah sponsor terorisme, maka lebih baik mengambil tindakan pencegahan.”

Selain serangan di kompleks Kremlin, Moskow juga menyalahkan Ukraina atas serangan pesawat tak berawak selama seminggu terakhir di depot bahan bakar, kereta barang, dan berbagai sasaran di Krimea, yang dianeksasi paksa oleh Rusia dari Ukraina pada 2014.

Moskow juga menuduh Kyiv dan Barat melakukan pengeboman mobil pada Sabtu yang melukai seorang penulis nasionalis terkemuka Rusia, Zakhar Prilepin.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengganggu Rusia pada hari Senin dengan memindahkan hari ketika negaranya menandai kemenangan sekutu atas Nazi Jerman hingga 8 Mei, menyelaraskannya dengan negara-negara Barat dalam penolakan masa lalu Sovietnya.

Juru bicara kementerian luar negeri Rusia Maria Zakharova mencap Zelenskiy sebagai “pengkhianat”,  Ia mengatakan Zelenskiy telah mengkhianati para parjurit pendahuluUkraina yang tewas melawan Nazi.

0 Komentar