Ibu Negara Iriana Jokowi Menggunakan Mobil Listrik Toyota bZ4X dalam KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo

Ibu Negara Iriana Jokowi Menggunakan Mobil Listrik Toyota bZ4X dalam KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRESĀ  – Ibu Negara Iriana Jokowi hadir dalam acara KTT ASEAN ke-42 yang berlangsung di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai tanggal 9 hingga 11 Mei 2023.

Dalam kesempatan yang berharga ini, Iriana menggunakan mobil bertenaga listrik pada hari Selasa (9/5).

Mobil yang digunakan oleh Iriana adalah Toyota bZ4X berwarna hitam. Dalam sebuah video singkat, terlihat beliau masuk ke dalam mobil tersebut diiringi oleh beberapa anggota Paspampres.

Baca Juga:Buka KTT ASEAN, Jokowi Serukan Persatuan Hadapi GlobalPawang Hujan Rara Kembali Beraksi di KTT ASEAN

Toyota bZ4X adalah mobil listrik yang diimpor utuh atau completely built up (CBU) dari Jepang ke Indonesia. Saat diluncurkan, mobil ini dijual dengan harga Rp 1,19 miliar di Jakarta.

PT Toyota-Astra Motor menyediakan 65 unit Toyota bZ4X untuk digunakan oleh pemerintah sebagai kendaraan resmi para tamu negara yang menghadiri KTT ASEAN 2023.

Menurut keterangan resmi dari Toyota-Astra Motor, sebelum digunakan, mobil-mobil ini telah diisi daya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU) yang berlokasi di Kantor Bupati Manggarai Barat, NTT, pada hari Selasa (9/5).

“Ini merupakan kali kedua Toyota bZ4X dipercaya sebagai kendaraan negara untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi, sebelumnya di G20 dan sekarang di ASEAN Summit,” kata Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing Toyota-Astra Motor.

Toyota bZ4X adalah mobil listrik pertama dari Toyota yang didasarkan pada filosofi e-TNGA. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.650 mm.

Mobil ini akan tersedia dalam dua varian, yaitu penggerak roda depan (FWD) dan penggerak semua roda (AWD).

Versi FWD dikatakan memiliki tenaga sebesar 150 kW, sementara versi AWD memiliki tenaga sebesar 160 kW.

Baca Juga:Manasik Haji di Subang Dibuka, 1.169 Orang Calon Jamaah Siap IkutCakra Khan Ikuti Americaā€™s Got Talent: Banyak Pelajaran Baru

Kedua varian ini dilengkapi dengan baterai lithium-ion yang ditempatkan secara merata di lantai mobil dengan tegangan total 355 volt.

Dalam hal performa, secara teoritis mobil ini dapat mencapai percepatan dari 0 hingga 100 km per jam dalam waktu 8,4 detik untuk versi FWD dan 7,7 detik untuk versi AWD.

Baterai mobil dapat terisi hingga 80 persen dalam waktu 30 menit.

Selain itu, pengisian listrik juga dapat dilakukan menggunakan panel surya yang terpasang di atap mobil.

0 Komentar