Disarpus Miliki 7.000 Boks Arsip

Disarpus
0 Komentar

Berisikan Dokumen Foto Bersejarah

SUBANG-Dokumen dan kearsipan tentang perkembangan zaman di Kabupaten Subang, tersimpan rapi di Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah. Mulai dari dokumen dan foto, sejarah Subang sejak tahun 1969 Tersebut tersimpan dalam Dua Depo di Kantor Disarpus.

“Ada 7.000 boks yang tersimpan di Depo kita. Boks tersebut menyimpan dokumen dan foto sejak tahun 1969,” ujar Kepala Disarpus Kabupaten Subang, Drs H Rahmat Fatturahman.

Arsip dan foto tersebut, kata dia, tertuang dalam tulisan hingga gambar, mulai dari pemerintahan, sejarah, hingga masyarakat sipil.

Baca Juga:Perumda TRS, Bayar Tagihan Air Secara Digital35 Desa Wisata di Jabar Raih Anugerah

Kantor Diasrpus Subang dahulu sering dikunjungi oleh para pelajar, yang ingin tahu tentang sejarah dan perkembangan kabupaten Subang dari masa ke masa.

“Dulu banyak yang datang. Sekarang karena pamornya kalah dengan perpustakaan, maka mereka lebih banyak ke sana,” jelasnya.

Ia pun sering mengimbau kepada sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Subang, yang ingin melihat dokumen dan kerasipan agar datang karena tidak dikenakan biaya.

“Saya ingin menghidupkan kembali keramaian pengunjung. Kita punya film dokumenter, kearsipan yang bisa dibaca dan lainnya,” jelasnya.

Mengenai pemeliharaan, Rahmat mengklaim dari dua Depo penyimpan kearsipan tersebut memiliki standarisasi pengaman kebakaran, rayap dan lainnya, sehingga dokumen yang tersimpan tidak rusak.

Sementara itu, warga Subang Kunkun Cahyadi mengatakan, tingkat minat masyarakat saat ini lebih cenderug ke gadget daripada membaca tulisan dalam dokumen.

Oleh karena itu, Disarpus Subang diharapkan mampu berinovasi dan juga bisa merangkul anak-anak milenial untuk mau berkunjung ke kantor ke arsipan juga perpustakaan.(ygo/ery)

0 Komentar