35 Desa Wisata di Jabar Raih Anugerah

35 Desa Wisata
0 Komentar

Masuk 500 Besar ADWI Kategori Unggulan

PROVINSI Jawa Barat banyak menyimpan potensi alam yang luar biasa. Sehingga tak heran bisa dikenal sebagai provinsi yang mendunia bersama keindahan alam dan budayanya. Pada tahun ini, sebanyak 35 desa wisata di Jabar masuk 500 besar nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Tujuh di antaranya masuk kategori 75 besar desa wisata unggulan di Indonesia.

Diketahui ada sebanyak 4.573 desa wisata yang mendaftar ADWI 2023 dari seluruh provinsi di Indonesia. Setelah dikurasi menghasilkan 500 besar desa wisata terbaik menurut kriteria yang sudah ditentukan panitia ADWI.

Memang Jawa Barat dikelilingi gunung, garis pantai yang sangat panjang yang dimiliki puluhan desa yang indah dan terkenal. Sehingga menjadi tujuan wisatawan domestik dan mancanegara untuk menghabiskan liburannya bersama keluarga dan sanak keluarga.

Baca Juga:Ridwan Kamil: 2023 dan 2024 Tahun Ngaspal JalanPerjuangan Partai Garuda Menuju Pemilu 2024

Ketujuh desa wisata tersebut yakni Desa Cibeusi, Kabupaten Subang yang memiliki tempat wisata Ciater. Berkat keindahan alamnya yang masih terjaga, mulai dari curug, hutan, hingga area outbond, pemandian air panas Ciater ini dinobatkan sebagai salah satu desa terindah di Jabar.

Kedua Desa Purwabakti di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Pemerintah desa setempat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berhasil menciptakan pariwisata tematik berupa edukasi dan budaya. Kondisi alamnya sangat indah disertai dengan wisata budaya berupa sedekah bumi dan panen raya tiap tahunnya.

Ketiga, Desa Astana di Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon. Desa ini masuk 75 besar ADWI 2023 bukan karena keindahan alam yang disuguhkan. Melainkan keindahan sejarahnya. Keempat, Desa Selamanik di Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. Wisata di desa ini berbasis lingkungan yang meliputi pertanian dan perikanan. Selain itu, potensi wisata lainnya berupa kebudayaan masyarakat setempat yang masih dilestarikan.

Kelima Desa Taraju di Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya. Desa Taraju berhasil masuk 75 besar ADWI 2023 dengan berbagai potensi wisata alam dan budaya yang memukau. Bentang alamnya berupa perkebunan teh sangat memanjakan mata ditambah kebudayaan masyarakat yang masih terjaga.

Keenam Desa Bantaragung di Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Berdiri di kaki Gunung Ciremai, desa ini dianugerahi keindahan alam dan lahan pertanian yang subur. Selain itu, potensi wisata di desa ini ada bentuk ritual adat seperti Nyura, Safar, Seba, hingga Marak Lauk. Terakhir, Desa Baros.

0 Komentar