Ridwan Kamil Berharap Jabar Selatan jadi Kawasan Ekonomi Baru

Jabar Selatan
Ridwan Kamil Berharap Jabar Selatan jadi Kawasan Ekonomi Baru
0 Komentar

Berdasarkan data dari Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Jawa Barat tahun 2020, proyek pengembangan tersebut meliputi peningkatan aksebilitas jalan di desa, pembangunan jalur kereta api lintas Pantai Selatan, peningkatan aksesibilitas jalur horizontal tengah (Sukabumi-Ciamis), serta proyek pelabuhan dan bandara udara.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga telah mengusulkan pengembangan destinasi wisata baru di Jabar Selatan sebagai upaya dalam mengurangi tingkat kemiskinan.

Terdapat 5 proyek pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Sukabumi, 1 proyek di Cianjur, pengembangan Puncak Guha Batukaras dan Curug Jagapati Cisompet di Garut, pengembangan Curug Cisayong di Kabupaten Tasikmalaya, serta pengembangan Pantai Madasari Cijulang di Pangandaran.

Baca Juga:Investasi di Jabar Selatan Menguat: Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Pengembangan WisataRiview Harga dan Spesifikasi Motor Listrik Uwinfly T3 2023

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar, menjelaskan bahwa pengembangan potensi wisata di wilayah Jabar Selatan terus menjadi perhatian utama pemerintah provinsi. Beberapa upaya telah dilakukan, termasuk perbaikan dan peningkatan fasilitas pendukung di berbagai destinasi wisata.

Menurut Benny, masih terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki guna meningkatkan kenyamanan bagi para wisatawan.

“Ini merupakan komitmen pemerintah provinsi dalam pengembangan Jabar Selatan. Oleh karena itu, kami melakukan peninjauan dan mencari solusi terhadap permasalahan yang terjadi di lapangan,” ujar Kadisparbud Jabar.

“Upaya yang kami lakukan ini bertujuan untuk menciptakan destinasi wisata yang ideal, sesuai dengan harapan wisatawan yang datang ke Jawa Barat, terutama di Jabar Selatan,” tambahnya.

Berdasarkan hasil pemantauan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat merekomendasikan untuk segera melanjutkan pengembangan potensi wisata dan ekonomi kreatif di Jabar Selatan.

Oleh karena itu, kolaborasi antara berbagai pihak sangat diperlukan guna mewujudkan pariwisata yang nyaman dan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

“Instruksi khusus dari pimpinan adalah membangun infrastruktur pendukung dengan segera, terutama yang terkait dengan destinasi wisata potensial. Hal ini diharapkan dapat menarik minat wisatawan untuk datang,” ucap Benny.

Baca Juga:Hanya di SINI! Riview Lengkap Uwinfly Motor Listrik Type X6: Masa Depan Mobilitas Listrik di IndonesiaIntip Spesifaksi Menarik Xiaomi Redmi Note 12 Pro+: Pengalaman Smartphone Maksimal

“Iya, hingga saat ini masyarakat terlihat antusias untuk mengunjungi pantai di Jabar Selatan. Namun, pengelolaannya belum maksimal sehingga wisatawan hanya melakukan aktivitas berenang dan berfoto. Padahal, konsep berwisata seharusnya mencakup juga menginap, sehingga tercipta perputaran ekonomi yang berdampak pada pemberdayaan UMKM di kawasan wisata,” tambahnya.

0 Komentar