Dr Aqua Dwipayana: Karyawan Perhotelan Harus Antisipatif dalam Menjaga Standar Fasilitas serta Kualitas Pelayanan

Dr Aqua Dwipayana: Karyawan Perhotelan Harus Antisipatif dalam Menjaga Standar Fasilitas serta Kualitas Pelayanan
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES-Tantangan yang dihadapi dalam bisnis perhotelan (hospitality) dapat diselesaikan dengan baik ketika setiap sumber daya manusia di sebuah hotel memiliki bekal sikap antisipatif dan tanggap terhadap masalah yang muncul.

Jika hal itu bisa dilakukan maka semua fasilitas dan tingkat kualitas pelayanan tetap sesuai dengan standar agar tercipta kenyamanan dan kepuasan tamu.

Demikian disampaikan Pakar Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua Dwipayana menjelang Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Peran Komunikasi Efektif dalam Mendukung Pelayanan ‘Hospitality from The Heart’ untuk Menciptakan Kepuasan Tamu” di Premiere Room Hotel Santika Premiere Semarang Jalan Pandanaran No. 116-120 Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu 24 Mei 2023.

Baca Juga:Campervan Park Sari Ater: Berkemah Dengan Nuansa Pegunungan yang SejukBupati Ruhimat Beri Sejumlah Catatan kepada PTPN VIII

“Setiap kerja pelayanan haruslah dimulai dari hati. Semua unsur dalam sebuah organisasi, apalagi yang bergerak dalam bisnis pelayanan seperti hotel, haruslah memunculkan “Service Mindset” atau Berpikir Melayani. Hal ini dilakukan untuk bisa mengambil hati setiap orang dan menjadikan pelayanan itu sendiri sebagai panggilan hati,” ucap pria rendah hati itu.

Dr Aqua Dwipayana mendapat undangan langsung dari General Manajer Hotel Santika Premiere Semarang Agus Suyatna. “Saya merasa bahwa kehadiran Bapak Dr Aqua Dwipayana dengan segudang pengalaman berkeliling Nusantara dan mancanegara dengan praktik silaturahimnya akan mampu menyuntikkan spirit dan motivasi teman-teman di Hotel Santika Premiere Semarang ini untuk menunjukkan kinerja terbaik,” ucap Agus Suyatna.

Sharing Komunikasi dan Motivasi di Hotel Santika Premiere Semarang bagi Dr Aqua Dwipayana bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya saat pandemi Covid-19 secara mendadak pernah melakukan hal serupa. Waktu itu juga atas undangan Agus Suyatna.

“Saya sangat bersyukur dan senang sekali mendapatkan undangan dari Bapak Agus Suyatna. Beliau memberi saya lahan ibadah untuk menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajarannya,” ucap Dr Aqua Dwipayana.

Untuk itu, Dr Aqua Dwipayana menambahkan, semua unsur di dalam sebuah perusahaan atau lembaga mutlak harus memiliki kompetensi atau keterampilan komunikasi yang baik. “Di dalam sebuah lembaga atau organisasi termasuk hotel, ada yang disebut komunikasi vertikal dan horizontal serta komunikasi internal dan eksternal. Masing-masing harus dipersepsi dan dikuasai dengan baik,” kata anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat ini menguraikan.

0 Komentar