Pempro Jabar Majukan Ekraf Melalui Creative Center, Gubernur: Mengubah Karya Menjadi Nilai Ekonomi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima 13 Calon Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh dan 7 Calon Konjen terkait potensi ekonomi dan perdagangan Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (15/5/2023). (Foto: Yogi Prayoga/Biro Adpim Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima 13 Calon Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh dan 7 Calon Konjen terkait potensi ekonomi dan perdagangan Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (15/5/2023). (Foto: Yogi Prayoga/Biro Adpim Jabar)
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong anak muda dan pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan kreativitas mereka melalui Gedung Creative Center.

Sejak kepemimpinan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, gedung-gedung tersebut telah diresmikan di 8 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Para generasi muda dapat memanfaatkan gedung-gedung tersebut sebagai tempat untuk mengekspresikan kreativitas dalam berbagai bidang, mulai dari seni, budaya, hingga kuliner.

Baca Juga:Mau Kuliah di ITB? Simak Jadwal Seleksi Mandiri ITB 2023: Cara Daftar dan Biaya yang Perlu DiketahuiSoal Perempuan Korban KDRT Malah Ditahan, Ini Penjelasan Polisi

Selain itu, berbagai fasilitas disediakan untuk mendukung generasi muda agar dapat meningkatkan nilai ekonomi dari karya-karyanya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan bahwa Gedung Creative Center dibangun agar para pelaku industri kreatif yang sebelumnya berada dalam ruang-ruang terpinggirkan, ruang pribadi, atau ruang yang sempit, dapat memiliki akses fasilitas di tanah milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Creative Center ini menjadi tempat untuk mengekspresikan dan mengubah karya menjadi nilai ekonomi. Rumusnya sederhana, jika ingin cerdas, berhubunganlah dengan orang cerdas. Jika ingin kreatif, bergaul dan berkumpullah dengan orang kreatif. Pasti kreativitas akan terbawa,” ujar Ridwan Kamil.

Pembangunan Gedung Creative Center diharapkan dapat membangkitkan kreativitas generasi muda di berbagai daerah untuk bergabung, menggali potensi, dan mengembangkan kekuatan ekonomi.

Menurut Ridwan Kamil, ada tiga rumus untuk mencapai kesuksesan di masa depan, yaitu ekonomi digital, ekonomi hijau, dan menguasai ekonomi kreatif.

Ridwan Kamil menitipkan gedung-gedung tersebut agar dikelola oleh anak-anak muda, karena pemerintah hanya menyediakan fasilitasnya saja.

Ia optimis bahwa dalam dua atau tiga tahun ke depan, generasi muda akan menghasilkan karya-karya yang membanggakan melalui Gedung Creative Center tersebut.

Baca Juga:Pemprov Jabar Raih Penghargaan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa ProaktifPerempuan Korban KDRT Malah Ditahan Polisi: Apa Harus Meninggal Baru Dapat Keadilan?

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar, berharap Gedung Creative Center dapat dikelola dan dimanfaatkan sebaik mungkin.

Ruang publik yang difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat digunakan oleh berbagai komunitas untuk menyelenggarakan acara-acara secara konsisten.

“Poin utamanya adalah memaksimalkan fasilitas yang telah diberikan oleh pemerintah provinsi. Harus ada acara yang dilakukan setiap hari,” ucap Kadisparbud saat kunjungan kerja ke Gedung Creative Center Ahmad Djuhara di Kota Cirebon, Rabu 3 Mei 2023.

0 Komentar