Disdikbud Subang Dukung Keberlangsungan Taman Baca Masyarakat

Disdikbud Subang Dukung Keberlangsungan Taman Baca Masyarakat
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Subang mendukung keberlangsungan Taman Baca Masyarakat (TBM). Keberadaan TBM ini penting dalam membangun sumber daya manusia berkualitas.

Saat ini data dari Disdikbud Subang ada 19 TBM di Subang. Aktivitas TBM ini dikelola oleh masyarakat atas dasar kepedulian terhadap pengembangan sumber daya manusia. Aktivitas TBM ini biasanya di kantor-kantor pemerintahan desa dan kecamatan, termasuk di ruang-ruang publik.

Kasi Keaksaraan dan Kesetaraan Bidang PAUD dan Dikmas Disdikbud Subang, Sutanto menyampaikan, TBM merupakan komponen penting dalam meningkatkan sumber daya manusia di Subang. TBM ini sebagai wahana bagi masyarakat untuk bisa mengakses berbagai buku bacaan.

Baca Juga:Masyarakat Subang Terhibur dengan Pagelaran Wayang Golek Rampak 7 Dalang 5 SindenProduk Olahan Petani Milenial Jawa Barat Mendunia 

Tanto menyampaikan, TBM ini perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah. Salah satu upaya yang dilakukan Disdikbud yakni peningkatan kompetensi dalam hal pengelolaan TBM.

“Kami berikan edukasi mengenai bagaimana pengelolaan buku, judul buku, dan katalog,” ujarnya.

Kegiatan peningkatan kompetensi para pengelola TBM telah dilaksanakan pada Selasa (30/5) di SKB Subang. Diikuti oleh 19 TBM dan 6 orang yang berprestasi dalam lomba vlog TBM yang digelar Disarpus belum lama ini.

Dia menuturkan, peningkatan kompetensi pengelola TBM harapannya bisa memudahkan bagi masyarakat untuk mengakses berbagai buku yang tersedia.

Tanto menyebut, mengingat pentingnya keberadaan TBM perlu ada dukungan dari berbagai pihak terkait yang peduli terhadap peningkatan sumber daya manusia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Subang, Hasanudin mengatakan, TBM ini menjadi bagian dari pengembangan literasi masyarakat.

Bahkan ke depan, TBM tidak hanya dikenal melakukan kegiatan baca tulis saja, melainkan ada program lain yang bisa dikembangkan sesuai dengan potensi masyarakat. Misalnya kegiatan budaya hingga olahraga bisa dilakukan oleh TBM.

Baca Juga:Harga Baru Paket IndiHome Netflix, Hanya Rp505 ribu Kolaborasi Tingkatkan Angka Partisipasi Pemilu Milenial 

Dia pun mengajak kepada para pengelola Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) agar bisa berkolaborasi dengan TBM agar bisa memberikan manfaat lebih kepada masyarakat dalam pengembangan literasi.(ysp)

 

0 Komentar