Kuliah Umum Adalah, Simak Perbedaannya dengan Seminar Berikut ini

Kuliah Umum Adalah, Simak Perbedaannya dengan Seminar Berikut ini
Kuliah Umum Adalah, Simak Perbedaannya dengan Seminar Berikut ini (dok. pexels.com/pexels.com)
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Mungkin bagi sebagian orang masih belum mengetahui arti dari kuliah umum adalah. Nah, tepat banget karena di dalam artikel ini terdapat penjelasan tentang pengertian dari kuliah umum adalah.

Adapun alam artikel ini akan mengulas tentang perbedaan kuliah umum dan seminar. Kedua istilah tersebut pastinya sudah gak asing lagi di dunia pendidikan. Yuk, kita cari tahu bersama pengertiannya berikut ini.

Perbedaan Kuliah Umum dan Seminar

Kuliah umum merupakan kegiatan perkuliahan yang dilakukan tanpa membatasi program studi yang bisa diikuti. Singkatnya, merupakan kegiatan perkuliahan yang bisa dihadiri oleh berbagai displin ilmu (program studi).

Baca Juga:Apakah Kuliah Setiap Hari? Simak Perbedaan Masa Sekolah dan KuliahMaba Wajib Tahu, 1 Semester Berapa Bulan Kuliah? Cek Disini

Orang atau pemateri yang memberikan kuliah umum antara lain adalah pesohor, pengusaha, ahli, ilmuwan, guru besar, penemu, pejabat pemerintah, pejabat negara, presiden, baik dari dalam negeri maupun dalam negeri.

Sedangkan pengertian seminar, di dunia pendidikan khususnya di jenjang perguruan tinggi terbagi dalam beberapa sebutan. Sebut saja pastinya kita pernah mendengar seminar proposal, seminar skripsi, dan seminar makalah.

Fyi. guys seminar adalah suatu kegiatan pertemuan untuk membahas masalah yang dilakukan secara ilmiah. Biasanya, dalam seminar ada pembicara atau beberapa pembicara yang bertugas untuk menyampaikan materi dihadapan audiens (peserta).

Hal yang jadi tujuan seminar biasanya berupa makalah, skripsi, penelitian dan lain-lain yang dipandu oleh seorang moderator. Tugas sorang moderator adalahs sebagai fasilitatot, mediator antara pemateri dengan audiens.

1 Semester Berapa Bulan Kuliah?

Umunya, saat mahasiswa baru mulai mengikuti perkuliahan S1 (Program Sarjana) harus mengikiuti studi sebanyak 144 SKS. Normalnya, mahasiswa dapat menempuh pendidikan sarjana selama 8 semester atau selama kurun waktu 4 tahun. Nah, durasi ini juga berlaku untuk program Diploma Empat (D4) atau Sarjana Terapan.

Pembagian semester 1-8 ini telah sesuai dengan buku pedoman perkuliahan akademik yang biasanya tersedia di tiap-tiap universitas, institusi, fakultas, program studi maupun jurusan kamu berkuliah. Nantinya, mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah dan bobot sks yang berbeda-beda di setiap semester.

Nah, demikianlah penjelasan tentang Kuliah Umum Adalah Perbedaannya dengan Seminar. Semoga bermanfaat.

0 Komentar