Persyaratan dan Biaya Kuliah di Turki 2023, Negara Sejarah Peradaban Islam di Dunia

Etika Islam dalam Demokrasi
Etika Islam dalam Demokrasi
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Bagi sebagian orang, kuliah di Turki jadi salah satu impian untuk menggapai masa depan. Sehingga tak heran, kuliah di Turki banyam diminati masyarakat Indonesia. termasuk kamu? Bagi kamu yang baru lulus dari sekolah menengah, dan berkeinginan melanjutkan kuliah di luar negeri Turki bisa jadi solusi yang tepat. Nah, dari pada penasaran berikut ini penjelasan tentang persyaratan dan biaya kuliah di Turki, negara yang mewarisi sejarah peradaban islam di dunia.

1. Apa saja persyaratan kuliah di Turki

Sama seperti perguruan tinggi pada umumnya, Universitas di Turki juga memiliki sejumlah persyaratan. Meski tiap Unibersitas berbeda-beda namun pada umumnya hampir sama berikut di antaranya :

• Paspor

• Foto terbaru

• Hasil Ujian Nasional (jika ada)

• Ijazah

• Transkrip akademik

• GRE, GMAT, atau SAT (jika diminta oleh universitas tujuan)

• Sertifikat kemampuan berbahasa Inggris sesuai permintaan universitas tujuan

• Proposal riset dan contoh riset yang pernah dilakukan (khusus untuk tahapan S3)

Baca Juga:Kuliah S1 Berapa Semester? Cek Informasi Lengkapnya DisiniApa itu Kuliah dan Tujuan, Wajib Tahu Buat yang Masih Ragu

2. Biaya kuliah di Turki berapa

Dibandingkan dengan negara lain, biaya di sana terbilang lebih murah. Pada jenjang Sarjana, dikenakan biaya sekitar EUR 350 – 1.400 per tahun untuk universitas negeri dan EUR 500 – 1,000 per tahun untuk universitas swasta.

3. Apakah biaya hidup di Turki lebih murah dari Indonesia

Biaya hidup di Turki dapat dikatakan relatif murah dibandingkan dengan negara-negara Barat. Sebabnya, di sini tersedia banyak pilihan untuk makanan, penginapan, dan transportasi yang harganya masuk akal. Jika kamu tinggal sendiri, kamu hanya memerlukan setidaknya anggaran sebesar 7.056 TRL atau setara 6 jutaan per bulan. Namun bagi yang sudah berkeluarga adalah tiga sampai kali lipat biaya tersebut. Ini semua tidak termasuk biaya sewa atau penginapan.

4. Berapa lama kuliah S1 di Turki

Program S1 (Undergraduate Program) di Turki memiliki durasi rata-rata 4 tahun tergantung pada durasi masing-masing program studi. Selain itu, mahasiswa juga perlu mengikuti kursus bahasa Turki TOMER selama satu tahun sebelum perkuliahan dimulai.

5. Kuliah di Turki ada jurusan apa aja

Berikut 10 universitas terbaik yang ada di Turki menurut QS World University Ranking :

0 Komentar