Kalau Kamu Tahun ini Berkurban, Ini Batas Waktu Kamu Potong Kuku dan Rambut Idul Adha 2023

cara sembelih hewan idul adha
cara sembelih hewan idul adha
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Batas waktu untuk memotong kuku dan rambut pada perayaan Idul Adha 2023 menjadi perhatian khusus bagi mereka yang berencana berkurban.

Hal ini dikarenakan adanya larangan dalam hadis yang menyebutkan bahwa memotong kuku dan bercukur sebelum hewan kurban disembelih adalah dilarang.

Pertanyaannya, apakah larangan ini benar? Jika ya, kapan batas waktu untuk memotong kuku dan bercukur pada Idul Adha 2023?

Simak penjelasan berikut ini!

Baca Juga:Nyesel Banget Baru Tau Sekarang, Ternyata Bisa Pinjam Uang Tanpa KTPGabut saat Week End, Anime Baru di Netflix Ini bikin Degdeg Ser! Black Clover Movie: Sword of the Wizard King

Larangan Memotong Kuku dan Rambut
Dalil mengenai larangan memotong kuku dan rambut bagi mereka yang ingin berkurban didasarkan pada sebuah hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ummi Salamah.

Dikutip dari NU Online, hadis tersebut berbunyi:

إِذَا دَخَلَتِ الْعَشْرُ وَأَرَادَ أَحَدُكُمْ أَنْ يُضَحِّىَ فَلاَ يَمَسَّ مِنْ شَعَرِهِ وَبَشَرِهِ شَيْئً

Artinya:

Apabila telah memasuki 10 hari pertama Dzulhijjah dan salah seorang di antara kalian berniat berkurban, maka janganlah ia memotong rambut dan kulit yang tumbuh rambut sedikit pun.” (HR. Muslim no. 1977)

Dalam riwayat lain juga disebutkan,

إِذَا رَأَيْتُمْ هِلاَلَ ذِى الْحِجَّةِ وَأَرَادَ أَحَدُكُمْ أَنْ يُضَحِّىَ فَلْيُمْسِكْ عَنْ شَعْرِهِ وَأَظْفَارِهِ

Artinya:

Apabila kalian melihat hilal Dzulhijjah dan salah seorang dari kalian ingin berkurban, maka janganlah ia memotong rambut dan kukunya.” (HR. Muslim no. 1977).

Kedua redaksi hadis di atas menjelaskan larangan memotong rambut dan kukunya bagi orang yang hendak melaksanakan kurban.

Larangan ini berlaku mulai dari tanggal 1 Dzulhijjah hingga tanggal 10 Dzulhijjah.

Jika mengacu pada penetapan 1 Dzulhijjah menurut PP Muhammadiyah, maka batas waktu larangan memotong kuku dan rambut pada Idul Adha 2023 ini jatuh pada hari Senin, 19 Juni 2023.

Namun, jika kita mengacu pada perkiraan Idul Adha dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, yang memprediksi Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah 1444 H/ 29 Juni 2023 Masehi pada hari Kamis, maka tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada tanggal Selasa, 20 Juni 2023.

Terjadi perbedaan pendapat mengenai tujuan dari larangan ini. Beberapa ulama menyebutkan bahwa larangan ini ditujukan bagi orang yang berkurban, sementara pendapat lain menyebutkan bahwa yang tidak boleh memotong rambut dan kukunya adalah hewan kurban.

Baca Juga:Link Gratis Nonton Black Clover Movie: Sword of the Wizard King Sub Indo, Petualangan Baru dan Aksi SihirBesok Nih, Novia Rozma D’Koplo akan Meriahkan Panen Hadiah Simpedes Periode 2 Tahun 2022 di Kantor BRI Cabang Subang

Ustaz Adi Hidayat (UAH) dalam salah satu video tausiahnya menjelaskan bahwa sunah pertama dalam berkurban adalah larangan memotong kuku dan rambut. Larangan ini berlaku bagi orang yang ingin berkurban.

0 Komentar