Tol Cisumdawu Sudah Operasi Penuh, Cileunyi sampai Dawuan Bisa Ditempuh Kurang dari 1 Jam

Tol Cisumdawu
Tol Cisumdawu
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) akan segera diresmikan dan memulai operasi penuh pada bulan Juni 2023.

Kabar ini disampaikan oleh Direktur Operasional PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP), Djoko Sapto.

Djoko menyatakan bahwa Tol Cisumdawu, sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), telah mengalami kemajuan signifikan meskipun menghadapi kendala alam dan pengadaan lahan yang cukup kompleks.

Baca Juga:Sekitar 7.000 Al Quran di Masjid Al Jabbar Raib, Ridwan Kamil: Mungkin Saja Itu Jamaah Saking Cintanya pada Al-QuranKronologis Oknum Polisi Tipu Tukang Bubur di Cirebon hingga Lebih dari Rp300 Juta, Kasusnya Terbengkalai 2 Tahun

“Pada tahun 2023, Jalan Tol Cisumdawu akan beroperasi secara penuh mulai dari Seksi 1 yang terhubung dengan ruas jalan tol Purbaleunyi, hingga Seksi 6 yang terhubung dengan ruas jalan tol Cipali,” kata Djoko seperti yang dikutip dari TribunJabar.id, pada Minggu (18/6/2023).

Djoko menjelaskan bahwa Seksi 1 Jalan Tol Cisumdawu telah diresmikan pada tanggal 24 Januari 2022, diikuti oleh Seksi 2 dan Seksi 3 yang dibuka secara fungsional pada tanggal 15 Desember 2022 dan mulai dikenakan tarif pada tanggal 28 Februari 2023.

“Jalan Tol Cisumdawu akan terhubung dari Cileunyi hingga Kertajati pada bulan Juni 2023 dan tinggal menyelesaikan beberapa hal seperti marka jalan dan guardrail,” ujar Djoko.

Secara keseluruhan, Tol Cisumdawu memiliki panjang total mencapai 62 Km. Dengan kecepatan rata-rata 80 Km per jam, perjalanan dari Cileunyi hingga Dawuan hanya akan memakan waktu kurang dari satu jam.

Sebelumnya, Direktur Jalan Bebas Hambatan Dirjen Bina Marga, Triono Junoasmono, mengungkapkan bahwa target mereka adalah agar semua ruas tol Cisumdawu dapat tersambung pada tanggal 15 Juni 2023.

“Dengan demikian, Tol Cisumdawu siap beroperasi dan diresmikan secara keseluruhan pada bulan Juni ini,” ucap Triono.

Triono juga mengungkapkan bahwa total investasi yang telah ditanamkan dalam proyek Tol Cisumdawu mencapai Rp 5,5 triliun.

Baca Juga:Tega Nian, Oknum Polisi Tipu Tukang Bubur di Cirebon hingga Rp300 Juta untuk Ini10 Zulhijah 1444 H atau Hari Raya Idul Adha Ditetapkan Pemerintah 29 Juni 2023

Selain itu, sejumlah pekerjaan akan terus dilakukan, termasuk upaya penghijauan di sekitar jalan tol yang telah dimulai di Seksi 4.

0 Komentar