Sekda Kabupaten Bogor Terima Peserta PKA dan PKP, Belajar Keunggulan Inovasi Pemdakab Bogor

Sekda Kabupaten Bogor Terima Peserta PKA dan PKP, Belajar Keunggulan Inovasi Pemdakab Bogor
Sekda Kabupaten Bogor Terima Peserta PKA dan PKP, Belajar Keunggulan Inovasi Pemdakab Bogor
0 Komentar

KAB. BOGOR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor menerima peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) dari berbagai wilayah di Indonesia untuk melaksanakan kegiatan studi lapangan di Kabupaten Bogor, salah satunya mempelajari berbagai inovasi Pemdakab Bogor.

Peserta PKA dan PKP angkatan tiga, diterima di Gedung Serbaguna I, Sekretariat Daerah, Cibinong(13/7/2023).

Peserta yang melaksanakan studi lapangan di Kabupaten Bogor seluruhnya berjumlah 80 orang. Jumlah peserta PKA sebanyak 40 orang dan PKP sebanyak 40 orang, yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia di antaranya, Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau, Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat, dan berbagai daerah lainnya.

Baca Juga:Bupati Garut Resmikan Laboratorium Medis Kimia Farma GarutSektor 9 Lakukan Sosialisasi untuk Petani Keramba Jaring Apung di Desa Bongas Cililin

Mewakili Plt. Bupati Bogor, Sekda Burhanudin menjelaskan, luasnya wilayah dan besarnya jumlah penduduk mendorong Pemerintah Kabupaten Bogor untuk terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui berbagai inovasi. Agar birokrasi dapat semakin efektif dan layanan publik lebih cepat, lebih baik, lebih murah, berkualitas, transparan.

“Alhamdulillah, melalui berbagai inovasi yang kami ciptakan, tahun 2022 Pemkab Bogor meraih penghargaan sebagai kabupaten terinovatif nomor 2 se-Indonesia dalam penghargaan Innovative Government Award (IGA) yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri,” jelas Burhanudin.

Burhanudin menambahkan, selain berinovasi dalam pelayanan publik, Pemdakab Bogor juga terus berupaya mendorong kinerja organisasi dengan memperkuat kelembagaan. Pemerintah kabupaten terdiri dari 32 dinas dan badan, 40 kecamatan dan 4 Rumah Sakit Umum Daerah.

“Terkait sistem kerja baru pasca penyederhanaan birokrasi, kami sedang menyusun Peraturan Bupati tentang sistem kerja baru sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) nomor 7 tahun 2022 yang mengganti pola kerja dari sebelumnya bersifat hierarki menjadi team of team agar lebih fleksibel dan kolaboratif,” ungkap Sekda Burhanudin.

Selanjutnya Ia berharap semoga studi lapangan di Kabupaten Bogor ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas lingkup Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Kepala PPSDM Regional Bandung, Belly Isnaeni menerangkan, terima kasih banyak kami sampaikan kepada Plt. Bupati Bogor, Sekda Kabupaten Bogor dan jajarannya yang telah bersedia memfasilitasi dan menerima menjadi lokus studi lapangan peserta PKP dan PKA angkatan tiga tahun 2023.

0 Komentar