Mau Beli Motor Listrik Bekas, Periksa Komponen Ini Dulu

Motor listrik Ofiro
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRESĀ  – Beberapa lokapasar kini menawarkan motor listrik bekas dari berbagai merek. Meskipun demikian, pilihan motor listrik bekas masih belum sebanyak motor konvensional dengan mesin pembakaran internal.

Karena jumlah unit yang terbatas, sebagian besar motor bekas ini dijual langsung oleh pemiliknya, bukan melalui dealer motor bekas.

Meskipun mayoritas motor listrik bekas yang diunggah dalam foto-foto terlihat dalam kondisi baik, sebagai konsumen tetap penting untuk melakukan pemeriksaan agar mendapatkan unit yang baik dan layak digunakan.

Baca Juga:Pilihan Motor Listrik Bekas Kian Bervariasi, Harga Mulai Rp 6 JutaanHindari Risiko Saat Mencuci Motor Listrik: Jaga Bagian Ini!

Ady Siswanto, pemilik bengkel spesialis motor listrik Petrikbike, menjelaskan bahwa baterai merupakan komponen utama yang harus diperiksa saat memilih motor listrik bekas.

“Salah satu cara yang mudah untuk mengetahui apakah baterai motor listrik mulai lemah adalah dengan melihat jarak tempuhnya,” ujar Ady kepada wartawan belum lama ini.

Menurut Ady, kondisi baterai akan menentukan performa motor listrik. Biasanya, motor listrik mampu menempuh jarak 40 kilometer sebelum baterainya habis dalam kondisi normal.

Namun, jika jarak tempuh yang biasanya 40 kilometer menjadi 30 kilometer atau bahkan hanya 20 kilometer sebelum baterai habis, itu menandakan adanya masalah pada baterai.

Selain itu, tanda-tanda bahwa baterai motor listrik mulai lemah juga dapat diketahui dari performa motor listrik berbasis Brushless DC (BLDC).

“Penurunan performa motor listrik, seperti tarikan yang berat atau kecepatan maksimal yang berkurang, juga merupakan gejala atau tanda-tanda bahwa baterai motor listrik mulai lemah,” kata Ady.

Selain dua komponen tersebut, penting bagi pemilik motor untuk memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan listrik.

Baca Juga:Pentingnya Perawatan Rutin untuk Motor Listrik, Simak Komponen yang Harus Diservis!Perumda Tirta Rangga Subang Lakukan Perbaikan Pompa Transisi

Dari segi estetika, perhatian juga perlu diberikan pada kondisi bodi dan aksesori motor listrik yang menjadi incaran.

Dengan melakukan pemeriksaan yang cermat terhadap komponen-komponen ini, diharapkan konsumen dapat memilih motor listrik bekas yang berkualitas dan siap untuk digunakan.

0 Komentar