Pentingnya Perawatan Rutin untuk Motor Listrik, Simak Komponen yang Harus Diservis!

Motor listrik Ofiro
Motor listrik Ofiro
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRESĀ  – Memiliki motor listrik memang memberikan keunggulan dalam hal perawatan. Pasalnya, motor listrik tidak memerlukan pergantian oli karena tidak memiliki mesin, sehingga cukup dengan mengganti ban dan kampas rem saja.

Meski demikian, apakah benar motor listrik bebas dari perawatan rutin?

Adyta, pemilik Bengkel Motor Listrik EV Centrum di Tangerang, menjelaskan bahwa motor listrik sebenarnya memerlukan perawatan rutin.

Terdapat empat komponen penting yang harus diperhatikan untuk menjaga keawetan motor listrik.

Baca Juga:Perumda Tirta Rangga Subang Lakukan Perbaikan Pompa TransisiLedakan Terjadi saat Kereta Api Menabrak Truk Trailer di Perlintasan Madukoro, Api Telah Dipadamkan

Komponen pertama yang perlu diperiksa adalah baterai, karena menjadi komponen utama dalam kendaraan listrik.

Selain itu, dinamo, controller, dan connector juga termasuk dalam komponen-komponen krusial yang harus dijaga kinerjanya.

Adyta menyarankan agar interval pengecekan dilakukan setiap 500 km hingga 1.000 km. Pengecekan terhadap empat komponen di atas sangat penting, terutama connector yang harus tetap kencang.

Masalah yang sering terjadi adalah kurang pasnya atau kendurnya connector dari pabrikan, yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada motor listrik.

Adyta juga memberikan perbandingan dengan sistem kelistrikan di rumah, di mana pentingnya menjaga konektivitas yang kencang agar tidak terjadi korsleting yang berbahaya.

Masalah yang sering ditemui pada motor listrik adalah pada kabel dinamo dan baterai, seperti short circuit dan korosi.

Untuk pemeriksaan saja, Adyta menawarkan layanan dengan harga Rp 150.000. Namun, jika terdapat perbaikan atau penggantian komponen, biayanya dapat mulai dari Rp 150.000, tergantung jenis kerusakan yang terjadi.

Baca Juga:Kereta Api Brantas Jakarta-Blitar Menabrak Truk Trailer di Semarang, Api BerkobarKhusus Pelaku UMKM dan Perusahaan di Indonesia Samsung Rilis Galaxy A14 dan A34 5G Enterprise Edition

Dengan melakukan perawatan rutin dan memeriksa komponen-komponen krusial, pemilik motor listrik dapat menjaga keawetan dan kinerja motor listriknya.

Jadi, jangan anggap remeh perawatan motor listrik meskipun terkesan lebih sederhana dibandingkan motor konvensional.

0 Komentar