Suhu Udara Semakin Dingin, Warga Subang Kedinginan, Ini Saran Dokter Supaya Tetap Bugar dan Sehat

Cara menghangatkan tubuh saat cuaca dingin
ILUSTRASI: Scuaca dingin/via unsplash @noaa)
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Dari keterangan BMKG menjelaskan bahwa udara yang dingin di malam menjelang pagi pada beberapa tempat pada Minggu tersebut menandakan bahwa puncak musim kemarau akan segera tiba.

“Semakin cerah langit di musim kemarau akan semakin dingin udara dirasakan pada malam dan menjelang pagi hari,” ujar Deputi BMKG, Herizal.

Herizal menyebutkan bahwa saat ini beberapa wilayah di Indonesia sedang memasuki masa puncak musim kemarau.

Baca Juga:Subang sedang Dingin Nih Bos, Yuk Praktekan 7 Cara Menghangatkan Tubuh Saat Cuaca DinginTernyata Ini Penyebab Suhu Dingin di Subang Beberapa Malam Ini

Selain itu, prakirawan cuaca BMKG, Nanda Alfuadi, memprediksi bahwa suhu dingin ini akan semakin terasa di bulan Agustus dan September mendatang, terutama di wilayah Jawa, Bali, NTB, dan NTT.

Bagaimana cara agar tidak mudah jatuh sakit akibat udara dingin? Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI), Ari Fahrial Syam, menjelaskan bahwa udara dingin dapat memicu timbulnya penyakit.

Oleh karena itu, masyarakat perlu mengantisipasi kondisi udara dingin tersebut agar tidak mengalami gangguan kesehatan seperti mimisan, batuk pilek, dan bibir pecah-pecah yang dapat mengurangi nafsu makan.

Ari mengingatkan bahwa beberapa penyakit dapat muncul selama periode cuaca dingin, termasuk asma (sesak napas), pilek alergi (rinitis alergi), sinusitis, dan alergi kulit akibat udara dingin.

Selain itu, kulit menjadi kering, kulit telapak kaki pecah-pecah, dan terkadang juga timbul mimisan akibat udara dingin yang ekstrem.

Lebih lanjut, paparan udara dingin yang berlangsung lama dapat menyebabkan hipotermia yang mengancam jiwa, terutama bagi kelompok masyarakat yang lebih rentan seperti orang lanjut usia dan mereka yang memiliki komorbiditas seperti diabetes, gangguan jantung, dan penyakit pembuluh darah.

Dalam menghadapi udara dingin, Ari membagikan beberapa cara untuk mengatasinya agar tetap sehat.

Baca Juga:Skull Island: Petualangan Mengejutkan di Pulau Tengkorak, Serial Animasi Baru di NetflixMushoku Tensei Jobless Reincarnation, Sebuah Epik Fantasi yang Menggugah Semangat

Pertama, ia menyarankan untuk menggunakan jaket yang dapat menutupi seluruh tubuh dan pakaian berlapis, serta tambahan tutup kepala, kaus kaki tebal, dan sarung tangan saat berada di luar.

Hal ini bertujuan agar kulit tidak langsung terpapar udara dingin yang menyengat.

Kedua, penting untuk selalu menggunakan pakaian yang kering dan bersih.

Udara dingin yang langsung bersentuhan dengan kulit dapat menyebabkan kulit menjadi kering, oleh karena itu, gunakan lotion untuk menjaga kelembapan kulit tangan dan telapak kaki.

0 Komentar