Jelang HUT RI, Pemerintah Daerah dan Masyarakat Garut Bersatu “Bebersih” Situ Bagendit

Jelang HUT RI, Pemerintah Daerah dan Masyarakat Garut Bersatu "Bebersih" Situ Bagendit
Jelang HUT RI, Pemerintah Daerah dan Masyarakat Garut Bersatu "Bebersih" Situ Bagendit
0 Komentar

KAB. GARUT – Antusiasme menyambut peresmian Situ Bagendit semakin gencar di Kabupaten Garut.

Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman mengungkapkan, pihaknya kini mempersiapkan ekosistem dan keindahan Situ Bagendit sebelum peresmian yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo, atau Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada Agustus mendatang.

Wakil Bupati Helmi Budiman meminta bantuan Badan Penyelenggara Wilayah Sungai (BBWS) untuk menurunkan kapal-kapal besar dan alat berat guna membersihkan situ seluas 100 hektar ini. Sebagai bagian dari upaya menjaga kebersihan dan keindahan alam, ribuan relawan dari berbagai latar belakang akan turun membersihkan Situ Bagendit.

Baca Juga:Bupati Garut Dorong Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Kepala Sekolah SMPWakil Bupati Garut Dorong Pengembangan Modal Sosial dalam Penanggulangan Stunting dan Kemiskinan

“Kita sedang minta bantuan kepada BBWS menurunkan kapal besarnya, beko yang amphibi kita sudah komunikasikan. Kemarin yang kecil, nanti mudah-mudahan dikirim yang besar,” ucapnya, Senin (24/07/2023).

Wabup Helmi menyatakan Situ Bagendit siap diresmikan pada bulan Agustus mendatang.

“Kita mengupayakan terjunkan dinas seluruhnya untuk turun ke lapangan, kami juga mengundang seluruh para pecinta lingkungan, PMI turun, Pramuka saya turun, dan juga saya yakin lembaga-lembaga yang ada di masyarakat juga bisa ikut turun membersihkan Bagendit,” katanya.

Rapat Persiapan dan Koordinasi Pelaksanaan Acara Bebersih Situ Bagendit pun telah digelar oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Garut. Dalam rapat tersebut, beberapa kegiatan telah diupayakan untuk meramaikan perayaan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia . Salah satunya adalah acara “Bebersih Situ Bagendit,” yang akan melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di lingkungan Pemkab Garut, serta partisipasi luas dari masyarakat.

Asisten Daerah III Bidang Administrasi Umum, Budi Gan Gan Gumilar menyampaikan, dalam rapat ini pihaknya membahas beberapa kegiatan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, salah satunya yaitu Bebersih Situ Bagendit.

“Yang dibahas adalah rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan; pengabdian kepada masyarakat, bakti sosial, hiburan, olahraga, itu kegiatan-kegiatan yang dibahas pada hari tadi,” ucapnya.

Budi Gan Gan Gumilar menyampaikan, kegiatan ini bentuk keberpihakan pemerintah daerah terkait dengan kebersihan lingkungan. Dalam pelaksanaannya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Garut akan fokus pada penanganan kawasan perairan, khususnya mengatasi pertumbuhan eceng gondok.

0 Komentar