Makan Buah Apel Dapat Alami Keracunan, Mitos atau Fakta?

Makan Buah Apel Dapat Alami Keracunan, Mitos atau Fakta?
Makan Buah Apel Dapat Alami Keracunan, Mitos atau Fakta? dok ((pinteres))
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Hampir semua orang menyukai apel. Ada banyak jenis buah apel dari berbagai daerah.

Buah ini juga memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi dari kerusakan oksidatif penyebab kanker. Namun, bukan berarti apel selalu aman dikonsumsi. Karena apel mengandung biji kecil berwarna hitam yang diduga dapat menyebabkan keracunan jika dimakan.

Biji apel mengandung amygdalin, zat yang melepaskan sianida saat bersentuhan dengan enzim pencernaan manusia. Namun, benarkah seseorang yang mengonsumsinya bisa keracunan sianida? mari kita cek Faktanya di sini.

Baca Juga:4 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Refroduksi Pria dan WanitaPenginapan Subang Budget 82 Ribu per Malam, Cek Fasilitasnya Di Sini!

Apakah Benar Akan Keracunan Jika Makan Biji Buah Apel? 

Nyatanya, keracunan sianida akibat memakan biji apel sangat jarang terjadi, apalagi jika Anda tidak sengaja memakannya.

Namun, mengkonsumsinya dalam jumlah banyak bisa sangat berbahaya. Untuk mengembangkan keracunan sianida, seseorang perlu mengunyah dan memakan sekitar 200 biji apel atau sekitar 40 biji apel.

Dosis 1-2 mg adalah dosis sianida oral yang mematikan untuk pria seberat 70 kg. Mengutip National Toxic Substances and Disease Registry (ATSDR), disebutkan bahwa sianida dalam jumlah kecil pun bisa berbahaya.

Sianida dapat merusak jantung dan otak bahkan menyebabkan koma dan kematian. Gejala keracunan sianida bisa muncul dengan cepat. Ini termasuk sesak napas dan kejang-kejang. Keduanya dapat menyebabkan ketidaksadaran.

Tapi ingat, Anda tidak akan keracunan sianida jika hanya menelan lima biji apel. Selain apel, ada juga beberapa buah lain yang mengandung amygdalin, seperti persik, aprikot, dan ceri.

Kesimpulan 

Kamu tidak akan keracunan jika hanya menelan beberapa biji saja, namun jika kamu menelan 40 biji buah apel kemungkinan akan keracunan karna lapisan luar biji apel yang berwarna putih akan hancur jika kamu kunyah yang akan mengakibatkan sianida keluar dengan dosis yang besar.

0 Komentar