Ambu Anne Ajak Masyarakat Peduli Anak Yatim, Kolaborasi Tangani Permasalahan Sosial

Anak Yatim
0 Komentar

PURWAKARTA-Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika bersama Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Purwakarta Rika Ristiawati atau diakrab disapa Teh Rika, tampak kompak menyantuni anak yatim, Kamis (27/7).

Tak kurang dari 1.000 anak yatim dan duafa dari berbagai wilayah di Kabupaten Purwakarta mendapatkan bingkisan serta kadeudeuh berupa sejumlah uang. Bahkan, usai penyerahan santunan secara simbolis, Ambu Anne menghampiri para anak yatim yang berkumpul di Bale Paseban Pendopo Purwakarta. Jelas tak ada sekat antara Ambu Anne dengan para anak yatim.

“Ambu berpesan kepada anak-anak jangan pernah berkecil hati. Inilah bukti bahwa masyarakat Purwakarta mencintai kalian semua. Masih banyak orang-orang hebat yang peduli terhadap semua anak-anak yang hadir,” kata Ambu Anne.

Baca Juga:SMPN Satap 2 Parungbanteng Bangun Saung Baca, Gali dan Kembangkan Minat Baca Peserta DidikMinim Penerangan, Jalan Palasari Rawan Kecelakan

Bupati pun mengajak kepada masyarakat agar tergugah dan mengulurkan tangannya untuk peduli terhadap anak-anak yatim. Ambu Anne juga berharap kegiatan ini adalah bagian untuk meningkatkan keimanan dan keislaman kepada Allah SWT.

“Kegiatan-kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Purwakarta di tengah-tengah kesulitan yang sedang kita hadapi baik pascapandemi Covid-19, maupun dalam kehidupan sosial masyarakat,” ujarnya.

Disebutkan Ambu Anne, banyak permasalahan sosial yang masih ada di tengah-tengah masyarakat. Permasalahan sosial itu tidak bisa diselesaikan hanya oleh pemerintah saja tetapi perlu adanya kolaborasi, kerja sama, dan uluran tangan dari semua pihak. “Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyalurkan zakat, infak dan sedekahnya sehingga kegiatan ini bisa terwujud melalui koordinator yaitu Baznas Kabupaten Purwakarta,” ucap Ambu Anne.

Sementara itu, Ketua Baznas Purwakarta Rika Ristiawati mengatakan, berdasarkan laporan semester pertama 2023, pihaknya menerima zakat mal sebesar Rp1,788 miliar. Di mana, dari jumlah tersebut yang dikelola oleh Baznas sebanyak 40 persen atau Rp715 juta dan 60 persennya disalurkan oleh UPZ yakni sebesar Rp 1,073 miliar.

“Sedangkan dari zakat mal perorangan, zakat fitrah, infak dan sedekah dari masyarakat terkumpul sebesar Rp3,5 miliar. Sehingga, total yang dihimpun di semester pertama ini adalah Rp5,3 miliar,” kata Rika.

Dijelaskannya, dana yang terkumpul sudah didistribusikan kepada 11.749 penerima manfaat yang meliputi lima program utama. Kelimanya adalah Purwakarta Sehat, Purwakarta Mandiri, Purwakarta Cerdas, Purwakarta Peduli, dan Purwakarta Takwa.

0 Komentar