Investasi Emas Kelebihan dan Kekurangan, Cocok untuk Jangka Panjang

Investasi Emas Kelebihan dan Kekurangan, Cocok untuk Jangka Panjang
Investasi Emas (dok. pexels.com/Zlaťáky.cz)
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES Investasi emas adalah instrumen yang cocok untuk jangka panjang terutama emas fisik.

Instrumen ini juga cocok bagi investor pemula yang belum pernah terjun ke dunia investasi, mengingat risikonya rendah hingga moderat.

Emas batangan memiliki kekurangan dan kelebihan yang penting untuk diperhatikan calon investor. Berikut kelebihan dan kekurangan investasi emas batangan.

Baca Juga:Daftar Film Terbaik 25 Tahun Terakhir Versi Rotten TomatoesNonton Film Rumput tetangga (2019) Full Movie Kualitas HD

Kelebihan investasi emas batangan

Melansir dari situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), investasi emas memiliki beberapa kelebihan berikut ini:

  1. Harga emas cenderung naik di masa depan, dan bisa di atas rata-rata inflasi.
  2. Nilai emas paling tahan terhadap resesi, emas relatif stabil meskipun ada fluktuasi ekonomi. Produk-produk investasi pasar modal sangat rentan terhadap fluktuasi ekonomi seperti IHSG dan inflasi. Sementara itu, emas memiliki korelasi negatif terhadap perubahan IHSG, oleh karena itu emas cocok dijadikan sebagai opsi lindung nilai atau hedging fund.
  3. Mudah dicairkan atau diuangkan, baik dengan cara dijual maupun digadai. Sedangkan, produk investasi pasar modal hanya dapat dijual pada jam kerja bursa, dan membutuhkan waktu untuk proses likuidasi dana.

Kekurangan investasi emas fisik

Berikut tiga kekurangan investasi emas fisik :

  1. Tidak menghasilkan pendapatan pasif, keuntungan investasi emas hanya didapat ketika menjual emas. Sedangkan, instrumen investasi pasar modal bisa memberikan keuntungan pasif, berupa kupon atau dividen yang diterima setiap periode tertentu.
  2. Kurang cocok menjadi investasi jangka pendek karena kenaikan harga yang lambat. Meskipun nilai emas relatif stabil, emas cenderung memiliki kenaikan harga yang lambat. Jadi lebih menguntungkan untuk jangka panjang.
  3. Nilai spread emas lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk pasar modal. Spread adalah selisih dari harga jual (buyback) dan harga beli emas, fluktuasi harga emas sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi seperti tingkat inflasi dan kurs rupiah. Agar keuntungan investasi emas optimal kamu perlu menjual emas di saat harga tinggi dengan nilai spread yang kecil.

Cara membeli emas fisik atau emas batangan

Adapaunh

Bagi kamu yang ingin berinvestasi emas batangan, bisa membeli ke gerai-gerai emas.

0 Komentar