Cuaca Ekstrem, Segini Daftar Harga Komoditas Hari ini di Kota Bandung

Cuaca Ekstrem, Segini Daftar Harga Komoditas Hari ini di Kota Bandung
Cuaca Ekstrem, Segini Daftar Harga Komoditas Hari ini di Kota Bandung
0 Komentar

KOTA BANDUNG – Meski cuaca ekstrem termasuk El Nino melanda sejumlah wilayah, pasokan bahan pokok ke Kota Bandung masih aman.

Sebagai antisipasinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berkomunikasi dengan penyuplai agar pasokan ke Kota Bandung tetap lancar.

Hal ini disampaikan Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna, Selasa 8 Agustus 2023.

Baca Juga:5 TAHUN JABAR JUARA, Ridwan Kamil Kukuhkan 855 Duta Pariwisata JabarJabar Miliki Laboratorium Lingkungan Hidup Berstandar Internasional

“Bandung ini kota kolektif distributif. Mengenai masalah kebutuhan pokok apapun, bawang, beras dan sebagainya itu dari luar Bandung.

Kalau di sana (daerah pemasok) ada El Nino mengganggu musim panen itu bahaya. Upaya minimal mendoakan jangan sampai penyuplai kebutuhan barang-barang ke Kota Bandung tidak terganggu,” katanya

El Nino merupakan sebuah fenomena cuaca yang terjadi akibat peningkatan suhu permukaan air di Samudra Pasifik Tengah dan Timur yang menjadi lebih hangat dari biasanya.

Fenomena alami ini menyebabkan perubahan pola cuaca global, yang berdampak signifikan pada iklim di berbagai wilayah di dunia.

“Kita tingkatkan komunikasi, jangan sampai distribusi barang terganggu. Karena kalau terganggu, barang langka biasanya kenaikan harga. Itu jangan sampai terjadi,” ujarnya.

Upaya lainnya, Pemkot Bandung bersama pemangku kepentingan yang lain rutin memantau pasar. Mulai dari harga, stok hingga distribusi.

“Upayanya kita pantau di pasar tradisional, kemudian di tempat kegiatan ekonomi. Terpenting barang ada, distribusi terjaga dan harga tidak ada yang begejolak luar biasa. Sehingga dinamika kegiatan ekonomi di Kota Bandung terkendali,” katanya.

Baca Juga:Pimpin Rapim, Gubernur Ridwan Kamil Kaji Rute Kereta GantungPesan Ridwan Kamil kepada Forum Jabar Sehat: Terapkan Empat Filosofi Sunda

Kepala Bidang Distribusi dan Perdagangan Pengawasan Kemetrologian Disdagin Kota Bandung, Meiwan Kartiwa memastikan terus memantau harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok baik di pasar rakyat maupun di toko ritel modern.

“Alhamdulillah sampai saat ini, harga masih relatif stabil dan ketersediaanya masih aman,” tuturnya.

Ia menyampaikan harga bahan pokok di Kota Bandung masih relatif stabil.

Daftar Harga Komoditas Hari ini di Kota Bandung

Berikut harga sejumlah komoditas (per kilogram) di Kota Bandung per Selasa (8/8/2023):

  • – Cabai Rawit Merah Rp 35.000-Rp 50.000
  • – Cabai Merah Tanjung Rp 60.000-Rp 80.000
  • – Daging Ayam Ras Rp 36.000-Rp 48.000
  • – Daging Sapi Rp 135.000-Rp 150.000
  • – Telur Ayam Rp 32.000
  • – Bawang Merah Rp 30.000-Rp 40.000
  • – Bawang Putih Rp 40.000-Rp 45.000
0 Komentar