Doa Agar Terhindar Dari Siksa Kubur

Rebo Wekasan
Rebo Wekasan
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Setiap manusia pasti akan meninggal, ketika seseorang sudah meninggal ia akan di bawa ke salah satu alam yang di namai dengan alam barzah.

Allah SWT Berfirman dalam Qs Al Imran Yang Berbunyi :

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُوْرَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلاَّمَتَاعُ الْغُرُورِ

Artinya : Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. (QS. Ali Imran: 185)

Alam kubur adalah lokasi pertama untuk menuju akhirat, lalu seperti apakah kehidupan akhirat? Rosul SAW bersabda :

القَبْرُ أَوَّلُ مَنَازِلِ الآخِرَةِ، فَإِنْ نَجَا مِنْهُ فَمَا بَعْدَهُ أَيْسَرُ، وَإِنْ لَمْ يَنْجُ مِنْهُ فَمَا بَعْدَهُ أَشَدُّ

Baca Juga:Nokia 6.1 Plus Harga Terjangkau Spesifikasi Memukau Performa Ngebut NgengLimited Edition! Nokia 6600 5G Ultra Yang mempunyai Spesifikasi Canggih Dengan Kamera 108MP

Artinya : Kubur adalah tempat pertama menuju akhirat. Bila mayit selamat darinya maka setelahnya akan lebih mudah. Bila tidak selamat darinya maka setelahnya akan lebih berat. (Hadits hasan. Shohih at-Targhib wa at-Tarhib, karya Syaikh al-Albani, no. 3550)

Menghafal dan mengamalkan doa terhindar dari siksa kubur apakakah akan benar-benar terhindar? Kita sebagai manusia memang sudah seharusnya berusaha untuk memohon perlindungan dari allah, untuk selebihnya biarlah Allah yang menentukannya.

Berikut Doa Agar Terhindar Dari Siksa Kubur

إِذَا تَشَهَّدَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنْ أَرْبَعٍ. يَقُولُ: اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَاوَالْمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

Artinya : Apabila seseorang dari kalian selesai membaca tasyahhud, hendaklah ia memohon perlindungan kepada Allah dari empat perkara yaitu : “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari Azab neraka jahannam, dari azab kubur, dari fitnah hidu, mati serta dari kejahatan fitnah al-masih ad-dajjal (HR. Muslim, np. 128 [588].

Berikut beberapa doa yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad dan beberapa sahabat Nabi.

Sabda Nabi Muhammad SAW

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ.

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari adzab neraka Jahannam, dari adzab kubur, dari fitnah hidup dan mati, dan dari kejahatan fitnah al-Masih ad-Dajjal”.

0 Komentar