Bhabinkamtibmas Dilatih Memahami Pelanggaran Pemilu

Bhabinkamtibmas
0 Komentar

PURWAKARTA-Mengantisipasi terjadinya potensi kerawanan pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polres Purwakarta melaksanakan pelatihan kepada Bhabinkamtibmas, Selasa (29/8).

Pelatihan yang digelar di Ruang Subbag Dalpers Bag SDM Polres Purwakarta bertemakan “Pelatihan Bhabinkamtibmas tentang Pemahaman dan Pengetahuan Pelanggaran Pemilu”.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan, melalui pelatihan tersebut para Bhabinkamtibmas diberikan tambahan wawasan tentang pemahaman dan pengetahuan pelanggaran Pemilu. “Pelatihan Bhabinkamtibmas ini meliputi Black Campaign, hoaks, SARA, dan Money Politics,” kata Kapolres kepada wartawan.

Baca Juga:DPUTR Targetkan 100 Persen Jalan Mulus, Libatkan Karya Bhakti TNIBNPB Kesulitan Padamkan Kebakaran di TPA Sarimukti, Tebalnya Tumpukan Sampah jadi Penyebab

Menurutnya, kesiapsiagaan di wilayah desa dan kelurahan menjadi sebuah keharusan sebab diprediksi akan terjadi peningkatan potensi ancaman keamanan di tahun politik. “Perlu kita tingkatkan kemampuan Polri di bidang ini, karena Bhabinkamtibmas yang langsung berhadapan dengan masyarakat di lapangan,” ujar Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menyebutkan, kegiatan tahapan Pemilu Serentak 2024 sudah dimulai sejak Agustus 2023. Terkait dengan tahapan awal untuk verifikasi termasuk juga pendaftaran calon legislatif yang sudah berjalan tentunya harus menjadi atensi bersama.

“Potensi-potensi kerawanan yang diperhitungkan akan menjadi ancaman dan gangguan yang bisa berimbas terhadap munculnya gangguan nyata di masing-masing wilayah. Sehingga, kami sudah harus mengantisipasinya sejak awal,” ucapnya.

Kapolres juga menyampaikan, anggota Bhabinkamtibmas adalah garda terdepan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dalam pembinaan, pengayoman, serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah binaannya.

“Kami pastikan juga bahwa Bhabinkamtibmas menjadi garda terdepan dalam pengamanan Pemilu 2024. Yakni, mulai dari persiapan hingga memasuki tahapannya. Bhabinkamtibmas harus memastikan kesiapsiagaannya menjaga wilayah binaan masing-masing,” kata Kapolres.

Dirinya pun berpesan, Bhabinkamtibmas untuk selalu menampilkan profil yang humanis, komunikatif, dan solutif, namun tetap selalu siap siaga dalam memberikan perlindungan dan pengayoman kepada warga masyarakat di desa binaan.

Untuk itu, Kapolres mengingatkan, seluruh anggota Bhabinkamtibmas wajib menjaga nama baik dan marwah institusi. Serta melaksanakan tugas sesuai aturan serta selalu membuka komunikasi hangat bersama dengan masyarakat. “Bhabinkamtibmas harus mampu membangun persepsi baik di masyarakat, dan menciptakan zero conflict social. Kedepankan menyampaikan pesan-pesan komunikasi persuasif, humoris, informatif dan edukatif,” ujar Kapolres.(add/sep)

0 Komentar