Tingkatkan Produksi Ikan, POLSUB Berikan Alat Pakan Ikan Otomatis Berbasis Solar Cell

Tingkatkan Produksi Ikan, POLSUB Berikan Alat Pakan Ikan Otomatis Berbasis Solar Cell
0 Komentar

SUBANG-Politeknik Negeri Subang (POLSUB) melalui Jurusan Teknik Mesin memfasilitasi peternak ikan di Desa Cijambe, Kabupaten Subang (15/9).

Para peternak yang membudidayakan ikan mas dan nila diberikan inovasi teknologi yaitu, alat Pakan Ikan Otomatis Berbasis Solar Cell. Hal tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu terobosan untuk meningkatkan produksi ikan mereka.

Kegiatan yang merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat itu bertujuan untuk meningkatkan keberdayaan kelompok ternak ikan, khususnya di Desa Cijambe.

Baca Juga:Penyanyi Yura Yunita Kepincut Kemampuan Multitasking Galaxy Z Fold5Wabup Agus Masykur Hadiri Pelantikan FKK SMKS Kabupaten Subang, Beri Pesan Agar Melahirkan Inovasi

“Adapun luaran yang ingin kami capai adalah peningkatan kuantitas ikan, kapasitas produksi, serta omset peternak ikan yang meningkat,” jelas Aditya Nugraha, ketua jurusan Teknik Mesin.

Dengan adanya alat yang diciptakan oleh mahasiswa dengan bimbingan dosen jurusan Teknik Mesin itu, proses pemberian pakan kepada ikan bisa lebih optimal.

Adanya arduino pada alat tersebut bisa membuat peternak lebih mudah untuk memberi pakan ikan dengan sistem otomatis, karena pakan ikan akan melontarkan pakannya sesuai waktu yang telah ditentukan sesuai program, serta penggunaan solar cell yang bisa menghemat biaya listrik.

“Intinya, kami ingin mengefisienkan waktu para peternak dalam proses pemberian makan dan menghasilkan kualitas produk yang maksimal,” ujar Susilawati, koordinator pengabdian kepada masyarakat jurusan Tekknik Mesin.

Kehadiran alat tersebut pun mendaptkan respon positif, salah satunya Hendrawan. Menurutnya, kerjasama tersebut akan sangat membantu dia, khususnya dalam pemberian pakan dengan jumlah yang seimbang.

“Tentu alat ini sangat membantu karena dengan proses pemberian pakan yang sesuai bisa menentukan keberhasilan suatu budidaya ikan,” jelas bapak asli Subang itu.

0 Komentar