Mengenali Uang Palsu: 7 Ciri-Ciri Penting yang Harus Anda Tahu

cara mengenal uang palsu
cara mengenal uang palsu
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRESInilah beberapa indikator untuk mengenali uang palsu yang penting untuk di waspadai.

Uang palsu bisa di gunakan dalam transaksi, dan hal ini perlu di hindari agar tidak merugikan individu serta merusak perekonomian negara.

Beredarnya uang false atau palsu dalam jumlah besar dapat memicu inflasi dan menggoyahkan kepercayaan terhadap sistem pembayaran.

Baca Juga:“5 Uang Kuno Termahal di Dunia: Kisah Kekayaan dari Lembaran Bersejarah”7 Tips Merawat Kucing Persia dengan Cinta dan Cermat

Oleh karena itu, peredaran uang palsu harus di hentikan, dan salah satu langkah yang dapat di ambil adalah mengenali ciri-ciri uang palsu.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), uang palsu adalah uang tiruan yang tidak sah, dan menghasilkan atau menggunakan uang palsu termasuk tindakan penipuan atau pemalsuan.

Lihat juga : “5 Uang Kuno Termahal di Dunia: Kisah Kekayaan dari Lembaran Bersejarah”

Undang-Undang Mata Uang menegaskan bahwa uang rupiah false adalah benda yang menyerupai rupiah dalam hal bahan, ukuran, warna, gambar, dan desain, di gunakan secara ilegal.

Berikut adalah 7 ciri-ciri uang false yang dapat di identifikasi dengan mudah melalui pengamatan, perabaan, dan penembusan cahaya:

Ciri-ciri uang palsu

1. Tekstur Mirip Kertas Biasa

Uang palsu terbuat dari kertas biasa dengan tekstur halus dan licin, berbeda dengan uang asli yang kasar karena serat kapas.

2. Tidak Multi Warna

Uang asli memiliki berbagai warna saat di lihat dari sudut tertentu, sedangkan uang false tidak.

Baca Juga:“Tips Terbaik Merawat Motor Trail Agar Selalu Prima“Cara Hapus Akun Email di HP: Panduan Cepat 2023”

3. Benang Pengaman yang Menyatu

Uang asli memiliki benang pengaman yang terlihat seperti di anyam dan terletak di tengah kertas, sementara uang false seringkali memiliki benang yang terasa sama dengan kertas.

4. Bagian Depan yang Tidak Menyala di Bawah Sinar UV

Uang asli akan menyala di bagian depan saat di sinari sinar ultraviolet (UV), sedangkan uang false tidak.

5. Kode Tunanetra yang Terasa Kasar

Uang asli memiliki kode tunanetra berupa garis di sisi kanan dan kiri yang terasa kasar saat di raba, sementara uang false biasanya tidak memiliki kode tersebut.

6. Ada Cetakan Kasar di Beberapa Bagian:

Uang asli memiliki bagian-bagian dengan cetakan kasar seperti nominal uang, logo garuda, dan lainnya, sedangkan uang false umumnya memiliki cetakan yang halus dan licin di seluruh bagian.

0 Komentar