Lestarikan Permainan Tradisional Layang-layang di Subang

Layang-layang
0 Komentar

SUBANG-Sebagai salah satu olahraga rekreasi masyarakat Indonesia, Karang Taruna Mekar Desa Margahayu menyelenggarakan lomba layang-layang. Kegiatan dipusatkan di lapangan bola Desa Margahayu Kecamatan Pagaden Barat, Sabtu-Minggu.

Ketua Karang Taruna Mekar Desa Margahayu Joni Harsa mengatakan, sengaja menggelar adu layang-layang ini, karena untuk melestarikan budaya tradisi olahraga rekreasi yang ada di masyarakat.

Olahraga yang penuh dengan hiburan dan persaudaraan ini disambut cukup antusias. Dari data peserta sekitar 64 pemain layang-layang dari sejumlah komunitas dan individu di Kabupaten Subang dan sekitarnya.

Baca Juga:Mahasiswa STKIP Miliki Kompetensi Guru Sesungguhnya, Lewat PLP, Kerja Sama dengan Disdik dan KemenagKodim 0619/Purwakarta Libatkan Masyarakat Peringati HUT Ke-78 TNI

“Antusiasnya tinggi, peserta menacapai 64 orang dibagi empat grup dan sistem gugur,” katanya.

Menariknya pula, kegiatan itu juga jadi tontonan warga sekitar Desa Margahayu dan sekitarnya. Siang hingga sore hari penonton berdatangan untuk melihat aksi aktratif kepiawaian memainkan layang-layang.

Sementara itu Kepala Desa Margahayu H. Main Permana yang juga ikut menyaksikan kegiatan adu layang-layang itu, menyampaikan apresiasinya kepada karang taruna. Menurutnya, pengembangan olahraga rekreasi masyarakat digelar di desanya ini. Sehingga para pemaian berpengalamanoun hadir dan ikut event tersebut.

“Cukup unik juga lihatnya asyik dan jadi hiburan warga sekitar;” katanya.

Ketua Panitia Pelaksana lomba layang-layang Akmal mengatakan, pihak panitia telah menyediakan hadiah dan piala serta sertifikat lomba dengan total hadiah Rp 1 juta.

“Bukan soal hadiahnya di event ini, tapi rasa kekeluargaan bersama pemain dari komunitas lain saling mengenal sambil berlatih memainkan layang-layang hingga jadi juara,”pungkasnya.(dan/ysp)

0 Komentar