MABIM Fikom Unsub Kenalkan Peminatan Jurnalistik Bagi Mahasiswa Baru

MABIM Fikom Unsub Kenalkan Peminatan Jurnalistik Bagi Mahasiswa Baru
0 Komentar

SUBANG-MABIM Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Subang 2023/2024 yang digelar di Auditorium Universitas Subang memperkenalkan peminatan jurnalistik kepada mahasiswa/i baru Fakultas Ilmu Komunikasi.

Jurnalistik itu sendiri merupakan keterkaitan erat dengan pemberitaan di media massa. Bisa dikatakan, inti dari kegiatan jurnalistik adalah pengumpulan, pelaporan, penulisan, penyajian serta menyebarluaskan berita.

Secara sederhana, jurnalistik merupakan bagian dari disiplin ilmu. Namun, bila ditelusuri lebih dalam, jurnalistik memiliki serangkaian kegiatan yang lebih kompleks.

Baca Juga:Jum’at Berkah, Masjid Besar Nurul Huda Bagikan Makan Siang Gratis untuk Santri dan Warga Pedagang Surabi Meninggal Gantung Diri,  RSUD Subang Gratiskan Biaya Otopsi hingga Pemulasaraan 

Ketua pelaksana MABIM Fikom Unsub, Abizar menyampaikan, kegiatan MABIM ini bertemakan ‘Membangun Peradaban Intelektual Sebagai Upaya Membentuk Pendirian Mahasiswa’.

“Jadi maksud dari tema kita ini kita ingin memperkenalkan kejurusan yang ada di Fakultas Ilmu Komunikasi kepada mahasiswa baru. Karena ketika mereka mulai masuk ke semester 5 mereka akan di hadapi pilihan yang akan menentukan minat dan bakat mereka setelah lulus nanti,” jelasnya.

Adapun kelima peminatan yang ada di Fakultas Ilmu Komunikasi diantaranaya, peminatan jurnalistik, humas, dan periklanan.

Ia mengatakan, dalam kegiatan MABIM dipertemuan kedua ini pihaknya ingin mengenalkan peminatan jurnalistik kepada mahasiswa baru. Bahwa “Jurnalistik itu asik” sehingga pihaknya mengundang beberapa narasumber yang berpengalaman di bidangnya.

Adapun narasumber yang menjadi pembicara dikegiatan MABIM Fikom Unsub 2023/2024 yakni Pemimpin Redaksi Pasundan Ekspres Yusup Suparman, Jurnalis Tintahijau.com Annas Nasrulloh, IJTI Subang yang diwakilkan Beritasatu TV Elan Suherlan, dan Kasubag Protokol Setda Subang Iin Inderawati.

“Harapan saya mahasiswa bisa menikmati sambil memperdalam tentang jurnalis yg dibawakan oleh pemateri. Supaya mahasiswa punya pendirian dan memilih sesuai keinginan sendiri tidak hanya ikut-ikutan saja ketika dihadapi untuk memilih peminatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Ine Anggareni mengatakan, pihaknya merasa senang bisa bersinergi dengan kegiatan BEM yakni rangkaian MABIM.

Baca Juga:Angin Puting Beliung Terjang Rawabadak Subang, BPBD: Belum Ada Laporan KerusakanBerikut Ini Hasil Seleksi Bakal Calon Kepala Sekolah di Subang Tahun 2023

Menurut Ine, hal ini dapat menambah pengetahuan serta mengasah keberanian para mahasiswa terutama mahasiswa baru untuk terbiasa dengan diskusi.

“Jurnalistik santai ini mengenalkan kepada semeseter 1 dan 3 tentang dunia jurnalistik langsung dengan para praktisi. Sehingga mereka lebih paham dan tahu tentang kegiatan jurnalistik yang memang sebagaian fashion dari ilmu komunikasi,” ungkapnya.

0 Komentar