Lanud Surya Darma Subang Pangkalan Udara Militer yang Bersejarah

Lanud Surya Darma Subang Pangkalan Udara Militer yang Bersejarah(Ilustrasi_Freepik)
Lanud Surya Darma Subang Pangkalan Udara Militer yang Bersejarah(Ilustrasi_Freepik)
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Suryadarma atau (Lanud Suryadarma) adalah pangkalan tipe A yang berlokasi di Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Lanud Surya Darma Subang Pangkalan Udara Militer yang Bersejarah.

Pangkalan ini adalah pangkalan udara militer pertama di Indonesia, memiliki latar belakang sejarah yang juga tidak bisa dipisahkan dari perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan Belanda dan pendudukan Jepang.

Pangkalan Udara Kalijati dibangun oleh pemerintah Belanda pada tanggal 30 Mei 1914 sebagai lapangan terbang pertama di Indonesia.

Baca Juga:Sejarah Kalijati Subang Saksi Bisu Berakhirnya Kekuasaan BelandaSejarah Perkebunan Karet di Subang Dari Zaman Belanda Hingga Kini

Pada awalnya, lapangan terbang ini digunakan oleh Bagian Penerbangan Percobaan (Proef Vlieg Afdeling/ PVA) dari pasukan Hindia Belanda KNIL. PVA ini dibentuk pada tahun 1913 dan dipimpin oleh Kapten Penerbangan J.A.F.H. van der Hoop.

Pada tahun 1921, pemerintah Belanda mendirikan Sekolah Penerbangan di Kalijati.

Sekolah ini merupakan sekolah penerbangan pertama di Indonesia dan menghasilkan sejumlah penerbang-penerbang Belanda yang kemudian berperan penting dalam Perang Dunia II.

Pada masa pendudukan Jepang, lapangan terbang Kalijati digunakan oleh Angkatan Udara Kekaisaran Jepang (IJAAF).

Pada tanggal 1 Maret 1942, pasukan Jepang mendarat di Kalijati dan berhasil menguasai lapangan terbang tersebut.

Setelah Indonesia merdeka, lapangan terbang Kalijati diambil alih oleh pemerintah Indonesia dan dijadikan sebagai pangkalan udara militer.

Pada tanggal 17 Agustus 1946, Lanud Kalijati menjadi saksi bisu pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta.

Pada tanggal 20 Juni 1962, Lanud Kalijati berganti nama menjadi Lanud Suryadarma, yang diambil dari nama Marsekal Pertama TNI Suryadarma, salah satu tokoh pahlawan nasional Indonesia.

Baca Juga:Link Download Aplikasi Douyin 27.5.4 GratisRumah Sejarah di Kalijati Subang Memori Perjuangan Bangsa Indonesia

Saat ini, Lanud Suryadarma memiliki berbagai fasilitas yang mendukung tugas-tugas TNI AU, antara lain:

  • Runway sepanjang 2.500 meter
  • Taxiway sepanjang 1.500 meter
  • Apron seluas 28.000 meter persegi
  • Hangar seluas 10.000 meter persegi
  • Gedung perkantoran
  • Mess
  • Lapangan tembak
  • Perumahan

Lanud Suryadarma juga menjadi tempat pendidikan bagi para penerbang TNI AU, yaitu Sekolah Penerbang TNI AU (SPTA) dan Sekolah Perwira Penerbang (Sekbang).

Selain itu, Lanud Suryadarma juga menjadi objek wisata sejarah, karena memiliki sejumlah bangunan bersejarah, antara lain:

0 Komentar