Kolaborasi di Ujung Aspal, Moka Jabar Usung Cashmaran

Moka Jabar
0 Komentar

PURWAKARTA-Mojang Jajaka (Moka) Jawa Barat (Jabar) berkolaborasi bersama Paguyuban Mojang Jajaka Purwakarta dalam program Cashmaran (Cashless Mawa Rakyat ka Kabagjaan) yang berlokasi di wisata alam Ujung Aspal, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, akhir pekan kemarin.

Program ini dihadiri oleh para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di wisata alam Ujung Aspal dengan rangkaian acara meliputi pelatihan, pembuatan, serta penyerahan QRIS untuk UMKM.
Cashmaran merupakan salah satu program kerja Moka Jabar sebagai duta pariwisata (tourism ambassador) dalam membantu masyarakat di Desa Pusakamulya guna memperkenalkan serta mendorong destinasi wisata Ujung Aspal sebagai pariwisata digital.

Ketua Mojang Jajaka Jawa Barat Gilang Hafidzi mengatakan, Cashmaran merupakan inisiasi Mojang Jajaka Jawa Barat 2023 yang akan dilaksanakan di 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat. “Untuk kegiatan perdana, rangkaian kegiatannya digelar di Kabupaten Purwakarta,” katanya.

Baca Juga:Kaprodi PSTI UPI Purwakarta Raih Gelar ASEAN Engineer, Memperkuat Kolaborasi Internasional di Dunia TeknologiSiapkan Program Ngabelesat Tahun 2024, Komite Ekraf Karawang Libatkan 17 Sektor

Senada, Ketua Paguyuban Mojang Jajaka Purwakarta Ihsan Maulana menyambut baik program tersebut. “Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Mojang Jajaka Jawa Barat yang telah memilih Kabupaten Purwakarta sebagai yang pertama diselenggarakannya program ini,” ujarnya.

Pada program ini, Mojang Jajaka Jawa Barat menggaet Bank bjb untuk berkolaborasi dalam pembuatan rekening dan penyerahan QRIS bagi UMKM.

Pelatihan terkait penggunaan QRIS bagi UMKM disampaikan langsung oleh Arbi Habibi Nugraha selaku Consumer Relationship Officer BJB Purwakarta. Selain penggunaan QRIS, para pelaku UMKM juga mendapatkan materi terkait peran media sosial dalam menunjang pemasaran pariwisata.

Sesi tersebut disampaikan oleh Alam ZMS, Jajaka Jawa Barat 2023. Selain rangkaian pelatihan, program ini juga menyediakan free medical check up, Program ini di sponsori oleh Chocodot, Burangrang Tour & Travel, Saung Manglid dan Klinik Utama Shanaya Purwakarta.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Desa Parakanceuri, Perwakilan Bidang Pariwisata Disporaparbud, anggota Mojang Jajaka Jawa Barat dan Purwakarta serta masyarakat pelaku UMKM di sekitar wilayah Wisata Ujung Aspal.(add/sep)

0 Komentar