Ketua KPU KBB: Kebutuhan Logistik Pemilu Sudah Terpenuhi, Terima 2.692.492 Lembar Surat Suara

KPU KBB
Ripqi Ahmad Sulaeman
0 Komentar

BANDUNG BARAT-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali menerima surat suara sebanyak 2.692.492 lembar untuk pemilu serentak 2024 mendatang. Kali ini surat suara yang diterima oleh KPU Kabupaten Bandung Barat yakni 1.346.246 lembar surat suara DPR RI dan 1.346.246 lembar surat suara DPRD Provinsi.

Untuk diketahui, sebelumnya KPU KBB telah menerima kiriman sebanyak 4.038.738 lembar tiga jenis surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD, dan DPRD.

Ketua KPU Bandung Barat, Ripqi Ahmad Sulaeman menjelaskan, dengan diterimanya sisa surat suara tersebut kebutuhan untuk pemilu serentak di wilayahnya telah terpenuhi. “Dengan pengiriman ini, KPU Bandung Barat telah menerima 100 persen 5 jenis surat suara. Karena 3 jenis surat suara lainnya telah kita terima 8 Desember 2023,” katanya.

Baca Juga:Optimis Prabowo-Gibran Menang, PSI Kerahkan Anak MudaCahaya Granit Jual Barang dengan Harga Murah

Ia menambahkan, logistik dua jenis surat suara tersebut dikirim dari daerah Nganjuk, Jawa Timur. Oleh karena itu, memerlukan waktu cukup lama hingga suara ini sampai di Kabupaten Bandung Barat. “Pengiriman ini dari Jawa Timur, memang tadi ada kendala ban pecah, tapi itu gak jadi masalah karena gak mengganggu logistik,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sejauh ini pihaknya telah menerima setidaknya 90 pengiriman logistik pemilu serentak. Untuk saat ini KPU KBB tinggal menunggu logistik pendukung seperti sampul, data daftar calon tetap (DCT), dan daftar pemilih tetap (DPT). “Logistik yang masuk tinggal sampul, DPT, dan DCT. Tapi itu gak jadi masalah tinggal menunggu saja, karena logistik pokok yakni surat suara sudah 100 persen diterima,” katanya.

Ia menyebut, KPU Bandung Barat dalam waktu dekat bakal segera melakukan pengolahan dan sortir logistik berupa perangkaian kotak suara dan lipat surat suara. Pihaknya akan lebih dulu berkoordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Barat. “Setelah seluruh logistik ini diterima, kita akan melakukan pengolahan logistik yakni pelipatan surat suarat dan perangkaian kotak suara. Kita akan koordinasi dengan KPU provinsi untuk rencanakan akhir bulan ini melakukan pelipatan dan perangkaian,” tandasnya.(eko/sep)

0 Komentar