Raker Fokus JP Hasilkan Beberapa Rekomendasi

Fokus JP
0 Komentar

Sementara itu, Pipin Sopian menyebutkan, seorang wartawan itu harus independen dan profesional. “Dengan begitu, maka tingkat kepercayaan masyarakat meningkat dan menarik partisipasi masyarakat dalam kepemiluan,” ujar Kang Pipin, panggilan akrabnya.

Usai dialog kepemiluan, kegiatan dilanjutkan dengan acara internal anggota Fokus JP. Adapun pada raker kali ini, Yuslipar terpilih sebagai Koordinator Fokus JP. Dirinya menggantikan Wahyudin yang sudah menjabat sekitar tujuh tahun.

Yuslipar terpilih sebagai Koordinator Fokus JP atas persetujuan dari puluhan anggota Fokus JP yang hadir.

Baca Juga:Polres Purwakarta: Operasi Miras dan Narkoba Bentuk TanggungJawab Polri terhadap MasyarakatBawaslu Purwakarta Awasi Distribusi Logistik Pemilu 2024, Komponen Penting dan krusial

Dirinya mengatakan, hasil raker Fokus JP merekomendasikan beberapa poin untuk ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta dan unsur terkait lainnya.

Pertama, kata Yuslipar, dalam upaya mengawal pembagunan Purwakarta yang profesional dan transparan, Pemerintah Daerah dan DPRD, melalui Sekretaris DPRD agar mempermudah akses terhadap salinan buku Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) khususnya kepada para jurnalis. “Selama ini, akses pers terlebih masyarakat terhadap APBD Purwakarta yang merupakan dokumen publik tersebut masih terbilang sulit,” ucap Yuslipar.

Kemudian, lanjut Yuslipar, Fokus JP juga merekomendasikan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta melalui Diskominfo agar lebih berperan aktif lagi dalam upaya peningkatan kualitas Pers Purwakarta. Di antaranya ditempuh melalui kerjasama pelatihan jurnalis, seminar maupun FGD bertajuk pers.

Kemudian, lanjutnya, Pemerintah Daerah maupun DPRD membuka ruang dan melibatkan unsur pers dalam setiap agenda kunjungan kerja dan kegiatan sejenis lain yang dilaksanakan di luar daerah.

Hal ini, sambungnya, sebagai bentuk transparansi sekaligus memastikan tidak adanya lagi kasus perjalanan dinas fiktif seperti yang diduga sudah sering terjadi sebelumnya.

Sementara, untuk jajaran Polri, TNI, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri dan unsur stakeholder lainnya di Purwakarta, kata Yuslipar, Fokus JP merekomendasikan untuk terus meningkatkan hubungan kemitraan yang baik dengan pers.

Hal ini dalam rangka bersama-sama menciptakan kekondusifan daerah sekaligus turut serta mengawal terciptanya sistem pemerintahan yang bersih dan demokratis. Sebagai penutup, dirinya menyampaikan bahwa para awak media yang tergabung dalam Fokus JP juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang secara bersama-sama telah membangun kemitraan dengan para awak media di Kabupaten Purwakarta.(add/sep)

0 Komentar