Raker Fokus JP Hasilkan Beberapa Rekomendasi

Fokus JP
0 Komentar

PURWAKARTA-Puluhan wartawan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Jurnalis Purwakarta (Fokus JP) menyelenggarakan kegiatan rapat kerja tahunan di Kampung Kahuripan Cirangkong, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Rabu (20/12).

Ketua Panitia Raker Fokus JP 2023, Yuslipar mengatakan, raker tersebut merupakan yang ke-11. “Fokus JP berdiri sejak 11 tahun lalu. Saat ini ada sekitar 29 media baik daring, cetak dan televisi yang mengikuti rapat kerja kali ini,” kata Yuslipar.

Disebutkannya, pada raker kali ini, Fokus JP mengadakan dialog tentang kepemiluan dengan tema “Pers dan Pemilu 2024, Media Dukung Siapa?”. “Karena saat ini sedang dalam momentum Pemilu 2024, kami membahas mengenai tentang media dukung siapa saat pemilu 2024, nah itu akan dibahas oleh wartawan senior Purwakarta, yakni Tatang Budimansyah dan tiga calon legislatif DPR RI,” katanya.

Baca Juga:Polres Purwakarta: Operasi Miras dan Narkoba Bentuk TanggungJawab Polri terhadap MasyarakatBawaslu Purwakarta Awasi Distribusi Logistik Pemilu 2024, Komponen Penting dan krusial

Ketiga caleg itu, ia mengatakan adalah Pipin Sopian dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ramlan Samsuri dari Partai Pembangunan Bangsa (PPP) dan Waras Wasisto dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).
Tatang Budimansyah menjelaskan, seorang wartawan itu memiliki dua sisi dalam menjalani kehidupan. “Yakni sebagai wartawan dan sebagai warganegara. Sebagai warganegara, orang itu memiliki hak politik yang sama, dipilih dan memilih. Namun, bila seorang tersebut menempatkan diri sebagai wartawan, maka dia harus mengikuti aturan yang ada yakni Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers No. 40/1999,” ujar Tatang.

Dirinya mengatakan bahwa ketika seorang bertugas sebagai wartawan maka ia harus mematuhi KEJ tentang wartawan harus independen. “Selain itu, Dewan Pers juga sudah mengeluarkan edaran tentang kepemiluan. Di mana, dalam edaran tersebut ada empat poin, salah satunya adalah wartawan yang bertugas sebagai wasit dan perlu menyampaikan berita yang aktual hingga mendukung pelaksanaan pemilu,” ucapnya.

Sementara itu ketiga caleg yang dihadirkan tersebut setuju dengan apa yang disampaikan oleh Tatang Budimansyah. “Jadi media itu memiliki peran penting dalam kepemiluan saat ini. Dengan menyampaikan informasi yang aktual dan independen, makan hal itu bisa mendukung meningkatknya kepersetaan masyarakat dalam mencoblos untuk Pemilu,” ucap Waras Wasisto.

Senada disampaikan Ramlan Samsuri. “Yang terpenting, dalam pemberitaan adalah bisa memberikan hal positif kepada masyarakat. Jadi dengan pemberitaan yang positif itu, masyarakat bisa menilai para calon yang akan dipilihnya dengan baik,” kata pria yang akrab disapa Kakang Prabu ini.

0 Komentar