Niat Puasa Ramadan Menurut Imam Syafi'i, Lengkap terjemahannya!

Niat Puasa Ramadan Menurut Imam Syafi\'i, Lengkap terjemahannya!
Niat Puasa Ramadan Menurut Imam Syafi\'i, Lengkap terjemahannya! (Foto instagram @nuonline.id)
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Puasa Ramadan merupakan salah satu ibadah yang memiliki kedudukan istimewa dalam agama Islam. Selain menjadi kewajiban bagi setiap Muslim yang telah mencapai usia baligh dan sehat secara fisik, puasa Ramadan juga memiliki fadilah atau keutamaan yang sangat besar di mata Allah SWT. 

Dan hal paling penting dalam menjalankan setiap ibadah ialah niat, bahkan Nabi SAW pernah bersabda:

“Segala sesuatu tergantung dalam niatnya”

Penggalan hadits yang dikutip penulis dalam kitab syarah taqrib. 

Berikut niatnya: 

“Nawaitu Shauma Ghodin an adaii fardlu syahri romadloni lillahi ta’ala”

Baca Juga:

“aku berniat puasa satu bulan penuh Ramadan, mengikuti Imam Malik, ikhlas karena allah Ta’ala.”

Note: Niat tersebut boleh dibacakan langsung dalam hati ketika sudah memasuki waktu magrib! 

Merangkum dari hadits-hadits Shohih Imam Bukhari dan Imam Muslim, penulis mengajak kepada pembaca untuk menilik fadilah puasa Ramadan yang dipaparkan dalam Al-Qur’an dan hadis-hadis Rasulullah SAW, serta manfaat spiritual yang dapat diperoleh melalui ibadah puasa ini.

 

Fadilah Puasa Ramadan dalam Al-Qur’an

 

Allah SWT menyebutkan keutamaan puasa Ramadan dalam Al-Qur’an melalui beberapa ayat, antara lain:

 

1. Pengampunan Dosa: Dalam Surah Al-Baqarah ayat 185, Allah SWT berfirman, “Bulan Ramadan yang di dalamnya diturunkan Al Qur’an menjadi petunjuk bagi manusia, dan (membawa) keterangan-keterangan yang memberi petunjuk dan pembeda. Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu…” Ayat ini menegaskan bahwa bulan Ramadan adalah bulan pengampunan dosa bagi umat Islam yang berpuasa dengan iman dan harapan pahala.

 

2. Keutamaan Malam Lailatul Qadar: Dalam Surah Al-Qadr ayat 1-5, Allah SWT menyebutkan, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.”

0 Komentar