Dinas Sosial Jabar Salurkan Bantuan Logistik ke Cibedug

Dinas Sosial jawa Barat
Dinas Sosial Jabar Salurkan Bantuan Logistik ke Cibedug
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES — Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat menyalurkan bantuan senilai total Rp186.632.750 pada warga terdampak bencana pergerakan tanah di Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (2/3/2024).

Bantuan disalurkan langsung oleh Plt. Kepala Dinas Sosial Jabar Andrie Kustria Wardhana didampingi Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Enok Komariah. 

Pada kesempatan tersebut, tim dari Dinsos Jabar juga memantau kegiatan dapur umum dan pengungsian guna memastikan pengungsi terfasilitasi pemenuhan kebutuhan dasarnya. ”Bantuan ini ada yang bersumber dari APBD Jabar senilai Rp 42.644.000 dan dari APBN senilai Rp 101.735.000,” jelas Enok.

Baca Juga:Bey Machmudin Tinjau Bencana Pergerakan Tanah di Bandung BaratBencana Tanah Gerak, Diberlakukan Masa Tanggap Darurat 12 Hari di Cigombong

Enok melanjutkan, bantuan logistik dari APBD yang disalurkan berupa bahan makanan, seperti mi instan, air mineral, sarden, kornet, liwet instan, abon, dan lainnya.

Sedangkan bantuan dari APBN yang disalurkan berupa bahan makanan, sandang, kasur, kidsware, family kit, alat dapur, tenda gulung, serta 500 kg beras (senilai Rp 5.271.500).

Terhitung sebanyak 47 KK/160 jiwa mengungsi ke Islamic Center pasca terjadinya pergerakan tanah di Desa Cibedug, Pergerakan tanah di desa itu terjadi pada 18 dan 29 Februari.

Bencana ini menyebabkan tanah amblas 5 meter dan beberapa bangunan rusak. Tercatat ada 3 rumah rusak berat, 8 rumah rusak ringan, 36 rumah terancam, dan 1 sekolah dasar rusak berat.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat Rizal Carda Wir mengapresiasi bantuan yang diberikan. ”Semoga bantuan yang diberikan dapat menjadi manfaat bagi masyarakat yang terdampak bencana,” ujar Rizal. (*)

0 Komentar