Bey Machmudin Tinjau Lokasi Banjir Bandang dan Longsor di Cipongkor, Tim Evakuasi Temukan 3 Jenazah

Bencana Banjir Bandang dan Longsor di Desa Cibenda
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin meninjau lokasi bencana banjir bandang dan longsor di Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (26/3/2024). 

Bey mengapresiasi kerja cepat dari berbagai _stakeholders_ yang bahu membahu memberi pertolongan untuk masyarakat setempat dengan menghadirkan dapur umum dan posko pengungsian maupun posko kesehatan. 

“Kami dengan Pak Kapolda, BMKG, Pak Danrem, juga BPBD meninjau lokasi pengungsi dan kami apresiasi kepada pihak yang telah membantu TNI/POLRI, Tagana, Dinas Sosial, Kementerian Sosial, Pramuka, dan relawan, yang telah membantu membuat dapur umum juga segala kebutuhan pengungsi,” ucap Bey saat ditemui. 

Baca Juga:Pemdaprov Jabar Mitigasi Bencana Hidrometeorologi saat MudikSejumlah Perangkat Daerah Gelar Bazar Ramadan 27 – 28 Maret

Ketika berada di tempat pengungsian, Bey berbincang dengan warga untuk memastikan keberadaannya dalam kondisi sehat dan layak. 

“Ada 527 pengungsi dan mereka (kondisinya) baik. Mereka juga mengerti dengan mengungsi ke sini. Ada yang rumahnya masih ada, tapi untuk keamanan mereka di sini (tempat pengungsian),” tuturnya. 

Demi menjaga keselamatan warga, Bey meminta Pemda Kabupaten Bandung Barat untuk mengeluarkan edaran situasi tanggap darurat dalam beberapa hari ke depan. 

Hal itu beriringan dengan riset yang sedang dilakukan oleh PVMBG terkait kontur tanah, apakah warga harus direlokasi atau tidak. 

“Yang pertama adalah harus ini (Pemda KBB) mengeluarkan keputusan tanggap darurat, artinya akan bisa bantuan masuk dari BNPB dan untuk kondisi tanah di situ sedang diasesmen oleh PVMBG. Dari BMKG menyebut bahwa hujan diprakirakan terjadi dalam 10 hari ke depan. Pengungsi disarankan untuk tidak kembali dulu ke tempat tinggalnya,” jelas Bey. 

Sementara itu terkait pencarian orang hilang, Bey mengungkapkan, berdasarkan data di lapangan pada hari ini hingga pukul 16.00, telah ditemukan tiga jenazah. 

“Untuk pencarian korban diutamakan, hari ini ditemukan tiga jenazah, yang satu dewasa dan dua anak. Nanti detailnya akan dijelaskan oleh tim yang menangani karena masih diidentifikasi,” ungkapnya. 

Baca Juga:Kinerja MUJ Tahun 2023 Beri Dividen untuk Pembangunan Jawa BaratBey Machmudin Bayar Zakat via Baznas

Terkait warga yang rumahnya tertimpa longsor, ia mengemukakan, pemerintah akan memberikan bantuan. 

Namun, hal yang paling penting tentu saja memikirkan penanganan relokasi rumah demi keamanan dan keselamatan warga. 

0 Komentar