H+2 Lebaran Lalu Lintas Lancar Terkendali, Hari Ini Jabar Mulai Pengamanan Arus Balik

Gubernur Jawa Barat
Perbaikan tol
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES — Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat hari ini mulai mengantisipasi pergerakan arus balik lintas Jabar tepatnya dari wilayah Jawa Tengah menuju Jakarta. 

Diperkirakan arus balik akan mulai terjadi Jumat dan meningkat pada hari Sabtu sampai Senin (13-15/4/2024). 

“Kita antisipasi kamacetan pada puncak arus balik yang menurut prediksi akan terjadi Sabtu sampai Senin ini,” ujar Sekretaris Daerah Jabar Herman Suryatman, Sabtu (12/4/2024). 

Baca Juga:Selama Arus Mudik hingga H2 Lebaran, Posko Kesehatan Jabar Tangani Enam Jenis PenyakitRealisasi Penjualan Operasi Pasar Bersubsidi Selama Ramadan Capai 90,14 Persen

Antisipasi yang disiapkan di antaranya ada beberapa titik berpotensi terjadi kemacetan dilakukan rekayasa lalu lintas, yang bekerja sama dengan aparat kepolisian.

_Contra flow_ arus mudik di tol Jakarta – Cikampek dan Cikampek-Palimanan pada H+2 Lebaran masih diberlakukan dan direncanakanuntuk hari ini, Jumat (12/4/2024) akan diberlakukan _contra flow_ arus balik.

_Contra flow_ diberlakukan secara tentatif baik di jalur tol Cipali hingga Cikampek maupun _contra flow_ lalu lintas arah dari Garut ke Bandung. Serta pengalihan sementara kendaraan dari Bandung ke Garut ke jalan Cihuni. 

“Sejumlah ruas jalan baik jalur biasa maupun bebas hambatan (jalan tol) akan dilakukan _contra flow_ atau bisa juga _one way_, tergantung kepolisian melihat situasi lapangan,” kata Herman, 

Dilaporkan hingga H+2 Lebaran, secara umum lalu lintas di beberapa titik pengamatan terpantau lancar, seperti jalur Cijolang (Jalan Banjar – Majenang), lalu lintas lancar kecepatan rata-rata 46 kilometer per jam. Tercatat kendaraan ke arah Jateng 15.573 unit dan ke Jabar sejumlah 12.038 unit

Jalur  Losarang, Indramayu, lalu lintas lancar kecepatan rata- rata 49 kilometer per jam. Kendaraan ke arah Jateng tercatat 41.685 unit dan ke Jabar sejumlah 31.057 unit. 

Jalur Losari, Cirebon, lalu lintas lancar kecepatan rata-rata 43 kilometer per jam. Kendaraan ke arah Jateng sejumlah 42.807 unit dan ke Jabar sejumlah 34.874 unit. 

Baca Juga:Sampah Bandung Raya di TPK Sarimukti Terkelola Baik Selama RamadanLebaran, Bey Machmudin: Jaga Kerukunan untuk Jawa Barat yang Damai dan Nyaman

Sementara terpantau terdapat titik kemacetan di sekitar jalur lintas selatan di sekitar Limbangan (arah Tasikmalaya) dan Kadungora (arah Garut).

Arus Lalin kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat yang melintas di Jalan Kedawung (Kecamatan Weru) dan Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon menuju arah Jawa Barat dan DKI Jakarta aman lancar. 

0 Komentar