3 Fakta Menarik Farmasi di Indonesia yang Jarang Diketahui

3 Fakta Menarik Farmasi di Indonesia yang Jarang Diketahui
3 Fakta Menarik Farmasi di Indonesia yang Jarang Diketahui (Image From: Illustration/Pexels/Anna Tarazevich)
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Fakta menarik  farmasi di Indonesia. Farmasi merupakan bidang ilmu yang mempelajari segala aspek terkait obat-obatan.

Ilmu farmasi adalah ilmu terapan yang dibangun berdasarkan setidaknya tiga disiplin ilmu utama, yaitu kedokteran, kimia, dan biologi. 

Perkembangan dunia farmasi di Indonesia dapat dikatakan telah dimulai sejak tahun 1817 dengan adanya perusahaan bernama NV. Chemicalien.

Baca Juga:4 Rekomendasi Obat Kembung yang Dijamin Ampuh, Kondisi Sepele yang Butuh Perhatian!Perkembangan Farmasi di Indonesia yang Wajib Diketahui, Pertumbuhannya semakin Baik!

Namun, pada awal perkembangannya, industri farmasi di Indonesia masih belum sepenuhnya maju dan sempurna. 

Nah, mengenai dunia farmasi di Indonesia, ada beberapa fakta menarik yang bisa kamu ketahui. Kira-kira apa saja, ya? Yuk, simak beberapa fakta menarik farmasi di Indonesia. 

Fakta Menarik Farmasi di Indonesia 

Berikut adalah beberapa fakta menarik farmasi di Indonesia. 

Pabrik farmasi pertama di Indonesia 

Fakta menarik farmasi di Indonesia yang pertama adalah mengenai pabrik farmasi pertama di Indonesia.

Sekitar 50 tahun berlalu sejak dimulainya farmasi di Indonesia, yaitu sekitar tahun 1986, Indonesia akhirnya mampu meluncurkan pabrik kina sebagai industri farmasi modern pertama di negara ini.

Tenaga kerja farmasi masih didominasi orang luar 

Meskipun industri farmasi di Indonesia telah berkembang selama satu abad sejak kemunculannya di awal abad ke-19, perkembangannya masih belum maksimal.

Hal tersebut dapat dilihat dari komposisi tenaga kerja apoteker pada masa kemerdekaan Indonesia, yang masih didominasi oleh orang-orang dengan kewarganegaraan Denmark, Austria, Jerman, dan Belanda.

Industri farmasi meningkat di masa pademi

Baca Juga:5 Rekomendasi Obat Migrain yang Dipercaya Ampuh Menghilangkan Sakit KepalaNggak Perlu Risau Lagi, Berikut 4 Rekomendasi Obat Sakit Tenggorokan yang Dijual di Apotek

Fakta menarik farmasi di Indonesia yang berikutnya adalah fakta terkait industri farmasi yang meningkat di masa pademi.

Selama masa pandemi COVID-19, industri farmasi di Indonesia seolah-olah mendapatkan peluang yang besar untuk berkembang.

Berdasarkan data yang dilaporkan oleh situs Kontan.co.id, industri farmasi di Indonesia mengalami peningkatan sekitar 10% selama masa pandemi.

Pertumbuhan yang cukup signifikan tersebut terjadi lebih tepatnya pada tahun 2021, yaitu setahun setelah kasus COVID-19 pertama kali muncul di Indonesia. 

Nah, itulah beberapa fakta menarik farmasi di Indonesia yang bisa kamu ketahui.

Diharapkan bahwa farmasi di Indonesia semakin tumbuh dan terus berkembang. 

0 Komentar