Menteri AHY Beri Pembekalan di Akmil Magelang, Sebut Bonus Demografi Harus Dibarengi Bonus Kompetensi

Menteri AHY Beri Pembekalan di Akmil Magelang, Sebut Bonus Demografi Harus Dibarengi Bonus Kompetensi
Menteri AHY Beri Pembekalan di Akmil Magelang, Sebut Bonus Demografi Harus Dibarengi Bonus Kompetensi
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES-Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, Indonesia Emas 2045 harus diwujudkan bersama-sama oleh seluruh bangsa.

Demikian disampaikan AHY saat memberikan pembekalan kepada Taruna/i Akmil Tingkat III dan IV Tahun Pelajaran 2024/2025 di Gedung Lily Rochli, Komplek Akmil, Kota Magelang pada Rabu (25/09/2024) lalu.

Selain bertepatan dengan 100 tahun Indonesia Merdeka, sambungnya, pada 2045 Indonesia juga akan mengalami bonus demografi. Artinya, akan ada peningkatan jumlah penduduk dan memasuki usia produktif.

Baca Juga:3 Atlet Disabilitas Subang yang Bertanding di Papernas Solo, Dilepas Asep Rochman DimyatiWamen ATR/Waka BPN Pimpin Upacara Peringatan 64 Tahun UUPA di Kanwil BPN Kaltim 

Akan tetapi, AHY juga mengingatkan, bonus demografi yang akan terjadi harus dibarengi dengan bonus kompetensi dari setiap sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

“Tanpa bonus kompetensi maka bonus demografi justru bisa menghadirkan bencana,” kata AHY.

Di sinilah peran Akmil untuk meningkatkan kompetensi para Taruna/i sebagai penerus bangsa. Sebab, menurutnya, Tentara Nasional Indonesia memiliki peran penting dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045 ini.

“Karena untuk mewujudkan negara yang maju, makmur, dan sejahtera terlebih dahulu negara harus berdaulat, aman, dan damai. Tidak mungkin kalau ada konflik di antara kita sendiri kita menjadi negara maju,” ujar AHY.

Menteri AHY berpesan kepada para Taruna/i Akmil yang sedang mengenyam pendidikan, untuk mengasah diri menjadi generasi unggul yang siap mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Kita harus attention to details, kemudian strike a good balance, antara akademik, fisik dan mental harus seimbang, begitu juga dengan kapasitas dan integritas,” ucap AHY.

Selain itu, kata dia, juga harus menanamkan motivasi dan disiplin yang kuat dalam diri, courage dan confidence, serta bekerja secara sinergi dan kolaborasi.

Baca Juga:Menteri AHY Raih Penghargaan Outstanding in Land Law EnforcementBerkunjung ke Pasuruan, Menteri AHY Ajak Masyarakat Daftarkan Tanahnya untuk Mendapatkan Nilai Ekonomi

Pada kesempatan ini, AHY memberikan pembekalan kepada Taruna/i yang berjumlah 831 orang. Dari total tersebut, sebanyak 442 Taruna/i adalah Tingkat IV dan 389 Taruna/i dari Tingkat III.

Turut mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN dalam kegiatan pembekalan, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN.

Turut hadir, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Tengah beserta jajaran. Hadir pula, Wakil Gubernur Akmil beserta jajaran Pejabat Tinggi di lingkungan Akmil.(add)

0 Komentar