oleh

GIBAS Konsep Kemandirian yang Berprestasi

SUBANG-Iwan Irawan Prayoga resmi menjabat Ketua Resort Gabungan Inisiatif Barisan Anak Siliwangi (GIBAS) periode 2020-2025, yang terpilih secara aklamasi melalui Muryawarah Resort (Musres). Pada acara pelantikan dan Musres yang digelar selama 2 hari Sabtu-Minggu (10-11/1), GIBAS menghitamkan alun-alun Subang.

Acara hiburan dimeriahkan artis daerah hingga artis nasional, seperti Lilis Karlina, Charly van Houten, Aly Aksyar, Vania Ochan, Eko, Novi Arista. Turut hadir, Ketua Umum GIBAS H. Suhaya Djati Prakarsa, Sekda Subang H. Aminudin, Ketua Resort dari berbagai kabupaten/kota se-Jabar dan ribuan anggota GIBAS.

Ketua Umum Gibas H. Suhaya Djati Prakarsa mengatakan, Musres yang digelar untuk memilih ketua Resort GIBAS Subang yang baru, hasilnya adalah Iwan Irawan Prayoga terpilih secara aklamasi untuk periode 2020-2025. “Jabatan merupakan amanah, besarkan GIBAS di Kabupaten Subang,” ujarnya.

Sekda Subang H. Aminudin mengatakan, organisasi GIBAS cukup berpengaruh di Kabupaten Subang dan organisasi yang lama. Pemerintah daerah meminta GIBAS Subang ikut andil dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat Kabupaten Subang. “GIBAS harus selalu bersinergi dengan pemerintah daerah. Kami mengucapkan selamat kepada Iwan Irawan Prayoga yang sudah terpilih kembali menjadi ketua Resort GIBAS Subang,” katanya.

Ketua Resort GIBAS Subang terpilih Iwan Irawan Prayoga S,Sos mengucapkan terimakasih terhadap kepercayaan dari seluruh pengurus dan juga anggota GIBAS, yang mempercayakan kembali jabatan Ketua GIBAS Resort Subang kepadanya. Iwan sudah menjabat 2 periode dengan saat ini. “Periode yang lalu 2015-2020 saya terpilih menjadi Ketua GIBAS Resort Subang, kini saya terpilih kembali secara aklamasi untuk periode 2020-2025,” ungkapnya.

Periode ini, Iwan akan melakukan proses reformasi di internal GIBAS Resort Subang. Mulai dari pemberdayaan pengurus- pengurus sektor hingga ke level desa-desa. Hal tersebut akan dilakukan, sehingga nantinya di tiap-tiap desa di Kabupaten Subang akan hadir dan siap bermitra dengan pemerintah desa di Kabupaten Subang. “Dari 253 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Subang, GIBAS akan hadir dan siap bermitra dengan pemerintah desa,” katanya.

Iwan mengingat, anggaran dana desa makin naik tiap tahunnya. GIBAS akan hadir untuk mengawasi pengelolaan anggaran, sehingga tidak akan terselewengkan. GIBAS juga akan membantu melakukan pengawasan terhadap dana desa yang ada di desa-desa. “Kita akan membantu desa-desa di Kabupaten Subang dengan cara bermitra, mulai pengawasan dan kontrol sosial, sehingga tidak akan ada penyimpangan di desa-desa yang berkaitan dengan anggaran dana desa,” tegasnya.

Program 5 tahun ke depan, GIBAS akan memberikan pembekalan keilmuan terhadap ketua sektor, ketua sub sektor. Nantiya para pemimpin GIBAS harus belajar leadership, yang artinya pimpinan dalam organsiasi harus bekerja keras dan bisa membangun kemitraan secara tertulis baik ke perusahaan- perusahaan dan lainnya. “Kan bisa bermitra dengan perusahaan-perusahaan,” tambahnya.

Iwan bertekat, GIBAS ke depannya akan lebih cerdas dan lebih profesional. GIBAS akan menciptakan organisasi panutan, sekaligus organisasi masyarakat penyeimbang suara pemerintah. Organisasi GIBAS harus berkonsep kemandirian yang berprestasi. “Salah satu contohnya, kita menggelar acara 2 hari yang meriah tanpa bantuan keuangan dari pemerintah daerah,” katanya.

Iwan menegaskan, GIBAS akan tetap auto krtik, karena menjadi penyeimbang pemerintah dengan masyarakat. Jika kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dinilai salah untuk masyarakat, GIBAS akan terus melakukan aksi kritis. Saat ini, pihaknya konsentrasi terhadap kinerja pemerintah daerah, kebijakan SKPD dan pelayanan publik. “Kita terus kritis, jika ada kebijakan pemerintah daerah yang salah terhadap masyarakat,” ujarnya.(ygo/vry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *