Hikmah Dibalik Kepanikan Musibah Badai Covid-19

0 Komentar

Kita jadi mengenal model pembelajaran dengan jarak jauh,pebelajaran online dengan  berbagai aplikasi sesuai dengan kebutuhan. Kampus juga menyiapkan proteksi  kepada penghuninya untuk memutus penularan virus ini mulai dari pemeriksaan suhu, penyemprotan dan berbagai tindak protokoler yang endingnya untuk mencegah memerangi virus ini.

 3.Dari segi kemasyarakatan

Seluruh elemen masyarakat pun bahu-membahu bekerja sama dalam melawan penyebaran Covid-19 agar tidak semakin parah lagi. Penyemprotan desinfektn pun dilakukan oleh perngkat desa yang dibantu oleh warga sekitar. Selain itu beberapa masyarakat berkeliling desa menyerukan anjuran untuk tetap di rumah dengan menggunakan pengeras suara. Tak lupa karantina dukuh atau desa pun diberlakukan untuk beberapa derah tertentu. Nilai nilai kemanusianpun bertebaran di tengah maraknya musibah.
Pasalnya larangan untuk mudik tahun 2020 agaknya tidak diindahkan masyarakat Indonesia. Mereka tetap nekat mudik meskipun berasal dari daerah yang tergolong zona merah. Bilik sterilisasi pun disiapkan guna menyemprotkan cairan desinfektan ke barang milik pemudik. Oleh karena itu diperketat pula akses keluar masuk desa. Sehingga meningkat pula rasa persatuan dan kesatuan antar warga.
Tidak hanya itu, akibt dari penyebaran virus ini membuat masyarakat Indonesia lebih sadar dan tergerak untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Mulai dari lebih rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan membersihkan daerah tempat tinggal.dilakukan dirumah, kita perlu mawas diri dari ancaman penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue). oleh karena itu penting bagi kita senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

4.Dari segi kekeluargaan

Anjuran untuk melakukan aktivitas dirumah ternyata juga memiliki manfaat yaitu meningkatkan hubungan antar keluarga. Banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan tatkala sedang berkumpul bersama keluarga guna mengusir rasa bosan selama physical distancing. Seperti memasak, berkebun, dan beribadah bersama keluarga dapat menjadi salah satu alternatif disaat merasa bosan ketika di rumah serta bermain beberapa permainan atau games sederhana.
Sudah sepatutnya kita melaksanakan anjuran dari pemerintah hal tersebut semata-mata demi melindungi kita dari penyebaran pandemi Covid-19. tetap di rumah sehingga kita dapat memetik hikmah atas apa yang terjadi. Corona segera bergegaslah, kita akan memasuki bulan ramadhan yang penuh rahmat, barokah dan maghfirah. (*)

0 Komentar